Minggu, 07 Juni 2020

Mengintip Jurus Bisnis Mendunia McD

"Bisnis utama perusahaan bukanlah makanan cepat saji, tetapi penjualan real estat, pada tahun 1961 Krok mampu mengambil pinjaman sebesar $ 2,7 juta."

Ray Krok adalah orang yang berterima kasih kepada siapa 29 ribu restoran cepat saji beroperasi di dunia, melayani lebih dari 45 juta orang per hari. Tetapi dia bertemu saudara MacDonald pada usia 52, memiliki daftar penyakit dan masalah yang mengesankan. Sejarah perkembangan McDonald secara bersamaan adalah sejarah perkembangan yang berhasil menghasilkan 600 juta dolar pada usia yang sangat terhormat! Pria ini berhasil tidak hanya menjadi kaya dengan cepat dan luar biasa, tetapi juga secara signifikan mengubah gaya hidup banyak orang di dunia.

Awal perjalanan - saudara-saudara McDonald's
MacDonald Brothers adalah pendiri rantai restoran yang terkenal. Dengan bantuan mereka, kisah McDonalds dimulai. Perusahaan makanan cepat saji pertama yang mereka buka pada tahun 1940. Di kafe saat itu, secara tradisional disajikan 25 hidangan. Saudara-saudara secara signifikan menyederhanakan menu, meninggalkannya dengan hamburger dan burger keju, pai, keripik, kopi, dan semua ini disiapkan dan disajikan dengan sangat cepat di restoran McDonald's. Sejarah penciptaan merek terkenal juga dimulai dengan transisi ke swalayan pengunjung, dan harga makanan yang lebih rendah.

Ngomong-ngomong, pada masa itu, anak perempuan tidak bisa bekerja di lembaga seperti itu, karena saudara-saudara percaya bahwa mereka akan mengalihkan perhatian staf pria dari pekerjaan. MacDonalds mampu menangkap keinginan orang-orang di masa pascaperang yang sulit. Bisnis mereka berjalan baik. Saudara-saudara sangat giat mempromosikan restoran McDonald's. Sejarah logo mulai jalannya dari pertengahan 50-an, saat itulah ikon lengkungan warna merah-kuning, yang diketahui semua orang, muncul. Namun institusi tersebut masih belum memiliki ruang lingkup yang cukup. Saat itulah Ray Croc muncul - pria yang mengubah restoran cepat saji selamanya.

Terima kasih kepada siapa McDonald's berkembang?
Ray Croc bukan penemu makanan cepat saji atau apa pun. Satu-satunya hal yang ia tahu bagaimana melakukannya dengan sempurna dalam hidupnya adalah berdagang. Selama 17 tahun yang panjang, ia menjual cangkir kertas ke perusahaan terkenal, dan kemudian mendirikan usahanya sendiri menjual mesin es krim. Benar, pesaing segera merilis model perangkat baru, dan Ray harus menutup perusahaan. Dalam keputusasaan dan mencari pekerjaan, dia mulai melakukan perjalanan keliling negeri dan begitu dia mendengar berita menarik.

Sebuah restoran kecil memesan sepuluh mesin es krimnya. Ketika ditanya tentang apa yang sedang terjadi di sana, temannya menjawab: "Orang-orang menghasilkan uang." Krok, tanpa ragu sedikit pun, naik ke belakang kemudi dan pergi ke California yang cerah. McDonald's, yang sejarahnya dimulai pada tahun 1940, sedang menunggu perubahan besar.

Waralaba di San Bernardino
Terperangkap di kota kecil San Bernardino, Ray bergegas melihat kafe yang diidam-idamkan itu. McDonald ternyata adalah perusahaan kecil di tepi jalan dengan sistem layanan berkecepatan tinggi dan peralatan makan sekali pakai. Ray melihat ada rak dapur besi dan menu yang sangat kecil yang terdiri dari sembilan item. Tetapi yang paling penting, dia terkejut dengan harga yang setengah dari harga pesaing. Saudara-saudara MacDonald, yang, sayangnya, kasur asli, bertanggung jawab atas semua urusan di sini. Penghasilan yang mereka miliki cukup cocok untuk mereka, dan mereka tidak ingin mencapai kesuksesan besar. Jika Croc tidak muncul dalam hidup mereka, kisah McDonald's akan berhenti begitu saja. Saudara-saudara tidak mencari investor, dan para sponsor yang muncul di jalan mereka sendiri, tidak disarankan untuk berinvestasi dalam jumlah besar dalam pembangunan restoran.

Menjual waralaba untuk hak membuka dengan sedikit uang (hingga 2,5 ribu dolar), mereka bahkan tidak memerlukan persentase dari pendapatan lembaga ini. Ray Krok yang hancur mengambil alih sendiri dan menawarkan skema interaksi baru kepada saudara-saudara.

Sejarah McDonald: Penjualan waralaba Croc
Krok mengundang pemilik lembaga untuk menjual waralaba di seluruh negeri dengan bantuannya. Harga selama 20 tahun adalah $ 950. Selain itu, setiap kafe harus membayar persentase dari keuntungan yang dibagikan antara saudara MacDonald dan Krok yang giat. Persentase diberikan oleh pemilik baru untuk menggunakan logo, merek, dan sistem makanan cepat saji yang ditemukan oleh saudara-saudara.

Pada masa ketika ada kenalan penting Krok dan MacDonalds, waralaba sudah dijual oleh semua rantai restoran cepat saji yang terkenal. Diyakini bahwa ini adalah cara mudah untuk menghasilkan uang. Banyak orang yang menjual waralaba tidak tertarik pada pengembangan merek lebih lanjut dan tidak memantau kepatuhan terhadap semua persyaratan kontrak. Mereka hanya khawatir mendapatkan uang. Krok ingin sejarah merek McDonald's berubah dengan cara yang berbeda. Dia ingin restoran itu menghasilkan pendapatan tetap tanpa mencemari merek di seluruh Amerika.

Dia menolak untuk menjual waralaba ke wilayah besar, memperdagangkan hak untuk hanya membuka satu restoran. Jika pemilik perusahaan menunjukkan bahwa ia dapat dipercaya dengan merek itu, Ray mengizinkannya membuka kafe lain. Dia tidak menguangkan pemilik restoran, memaksa mereka untuk membeli peralatan dan produk yang dia pilih, tetapi secara ketat memantau kualitas semua produk yang dibeli. Dia harus memenuhi standar standar McDonalds.

Benar, kondisi seperti itu tidak menyenangkan pembeli. Investor kaya ingin mendapatkan lisensi untuk seluruh negara, dan orang-orang dengan peluang kurang tidak senang dengan fakta bahwa waralaba hanya berlaku selama 20 tahun di bawah kendali ketat Krok. Pada tahun pertama bisnis barunya, Ray hanya menjual 18 waralaba. Selain itu, setengah dari pemilik restoran melakukan apa pun yang mereka suka, bahkan menjual pizza dan hot dog di kafe. Ray Crock memimpikan sesuatu yang sama sekali berbeda. Sebuah kejadian tak terduga membantunya - pertemuan dengan Sanford Agate.

McDonald's: Kisah Sukses Batu Akik Sanford
Jurnalis Agate yang berusia 46 tahun menyimpan jumlah yang setara dengan 25 ribu dolar, dan ingin menciptakan bisnisnya sendiri. Krok menjualnya waralaba untuk membuka restoran di kota Vokegan. Agate membayar biaya konstruksi, membeli peralatan, dan uangnya habis.

Pada Mei 1955, sebuah restoran kecil dibuka dan sukses besar yang tak terduga. Setiap hari penghasilannya sekitar seribu dolar. Orang yang menyewa tanah sangat marah. Dia tidak tahu bahwa sebuah institusi kecil di sebuah kota kecil akan memberi pemilik penghasilan yang sama dengan 30 ribu per bulan. Dia sendiri menerima sewa hanya seribu. Segera, Agate membeli rumah mewah dan mulai hidup untuk kesenangan. Keberhasilan ini menginspirasi banyak orang yang memiliki sedikit tabungan, tetapi hasrat besar untuk bekerja dan kekayaan. Orang-orang mulai berbaris untuk Crock, berharap untuk mengulangi kesuksesan Sanford. Kisah McDonalds telah bergerak maju. Krok tidak menjual bisnis baru kepada orang-orang, ia memberi mereka kesuksesan! Restoran itu terbayar dalam waktu sekitar enam bulan, mulai membawa keuntungan luar biasa. Untuk ini, orang-orang siap untuk melaksanakan semua instruksi dan persyaratan Ray, sesuai keinginannya. Mimpinya mulai menjadi kenyataan.

Penebusan hak dari saudara-saudara pendiri
Sejarah McDonald's mengambil jalan baru, ketika pada tahun 1961 para pendirinya setuju untuk menjual Croca dan hak untuk mengelolanya secara mandiri tanpa partisipasi mereka. Huruf "M", dianggap sebagai tanda semua lembaga, mereka memperkirakan 2,7 juta dolar. Mantan penjual, tentu saja, tidak punya uang sebanyak itu. Meskipun rantai restoran membawa pendapatan besar, persentase Ray dapat diabaikan. Selain itu, jumlah utangnya sudah melebihi $ 5 juta. Krok sangat membutuhkan pinjaman besar. Sonneborn (pemodal jaringan) membujuk beberapa universitas terkenal untuk berinvestasi 2,7 juta dalam pengembangan bisnis. Tetapi sehari sebelum menerima uang, penolakan datang, dimotivasi oleh ketidakpercayaan perusahaan. Sonneborn kemudian datang dengan ide menggabungkan bisnis katering dan pasar real estat. Tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan kepemilikan semua bangunan restoran dan tanah tempat mereka berdiri. Dan itu sangat sulit!

Akuisisi tanah dan bangunan
Kisah McDonald's tidak akan begitu bersinar jika bukan karena Harry Sonneborn. Dia membuat kontribusi besar untuk pengembangan jaringan. Setelah menemukan seorang akuntan yang berpengalaman, Harry menciptakan penampilan perusahaan yang sangat sukses di atas kertas. Ini perlu agar bank setuju memberikan pinjaman yang baik. Setelah mengatakan kepada kreditor bahwa bisnis utama perusahaan bukanlah makanan cepat saji, tetapi penjualan real estat, pada tahun 1961 Krok mampu mengambil pinjaman sebesar $ 2,7 juta. Akhirnya, saudara-saudara mendapat kompensasi dan sepenuhnya pensiun. Sejarah McDonald's telah bergerak lebih jauh tanpa pendirinya.

Universitas Hamburger
Pada 70-an, rantai makanan cepat saji menjadi sangat populer. Penghasilan Krok tumbuh dari hari ke hari. Publikasi Forbes yang terkenal menerbitkan catatan yang menyatakan bahwa kekayaannya adalah $ 340 juta. Namun mantan salesman itu tidak berpikir untuk berhenti! Meskipun cukup, dia tidak berhenti bekerja dan berkembang.

Pada 1961, ia membuka laboratorium bernama University of the Hamburger. Di sini ada studi tentang semua parameter untuk persiapan kentang, gulungan dan irisan daging. "Universitas" bekerja sekarang, namun, manajer puncak perusahaan dilatih di dalamnya. Pada 60-an, badut terkenal bernama Ronald datang untuk menggantikan Speedy. Kisah McDonald saat ini tidak ada artinya tanpa karakter ini, dicintai oleh semua anak di banyak negara di dunia. Anak-anak pergi ke restoran di akhir pekan, ingin melihat pria yang menyenangkan ini!

Pada 1984, Ray Crock meninggal. Saat ini, sebuah perusahaan besar dikelola oleh James Skinner (orang keempat untuk mengatasi tugas yang sulit).

Restoran cepat saji di Rusia
Untuk waktu yang sangat lama, orang-orang di negara kita tidak bisa mencoba burger keju yang sama seperti orang Amerika. Para pemilik jaringan menghubungkan penolakan untuk menjual waralaba dengan volatilitas ekonomi dan politik Rusia. Sejarah McDonald di Rusia dimulai dengan negosiasi panjang pada tahun 1976. Ini terjadi selama Olimpiade di Montreal. Uni Soviet akhirnya menandatangani perjanjian dengan rantai besar restoran cepat saji. Pada tahun 1990, McDonalds pertama di Rusia dibuka, terletak pada keberhasilan lembaga itu luar biasa - pada hari pertama bekerja, garis 30 ribu orang berbaris di pintu! Ini belum terjadi dalam sejarah jaringan. Sekarang banyak dari restoran ini tersebar di seluruh negara kita, dan manajemen berencana untuk membuka lebih banyak lagi tempat usaha.

Sejarah McDonald ditinjau secara singkat oleh kami dalam artikel ini, dan sekarang Anda dapat meluangkan waktu untuk fakta-fakta menarik dan tidak biasa tentang perusahaan ini:

Raymond Crock memenuhi mimpinya dan menjadi seorang jutawan, awalnya hanya memegang $ 950 tunai. Untuk mencapai tujuan akhir yang ia butuhkan: hasrat untuk menang, pikiran dan wawasan yang tajam, serta sedikit pemeliharaan. Dia telah menjadi contoh yang bagus bagi banyak orang yang mencapai tujuan mereka. Produk-produk perusahaan sekarang dicintai dan dipilih oleh jutaan orang di seluruh dunia, karena memenuhi semua standar kualitas! Tapi rasa big mac belum berubah sejak persiapan pertama.

Jaringan makanan cepat saji global diciptakan oleh saudara dan satu pendiri, pengembangan dimulai dengan kafe pinggir jalan kecil.

Latar Belakang
The McDonald Brothers Cinema di Glendale.
Sejarah perusahaan McDonald's dimulai dengan saudara-saudara McDonald. Richard yang lebih muda dan Senior Maurice, yang lebih dikenal di media sebagai Dick dan Mack, mendapat pekerjaan di Hollywood sebagai dekorator pada 1930-an. Segalanya mulai membaik, dan segera mereka membuka bioskop mereka sendiri di Glendale. Penghasilannya kecil, dan berkat kesenangan pemilik rumah, sewanya hanya $ 100 per bulan. Bioskop berlangsung selama empat tahun.

Restoran cepat saji Mac and Dick - “Pig Stand” (Pig Parking).
Pada tahun 1932, Mack dan Dick, setelah berhenti berbisnis di bioskop, membuka restoran cepat saji pertama di Hollywood di persimpangan Vermont dan Sunset, dengan nama "Pig Stand", diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia sebagai "Parkir Babi". Menu terdiri dari hanya satu hidangan - sandwich babi goreng. Pada tahun-tahun itu, industri otomotif secara aktif berkembang, parkir dengan makanan cepat saji, yang disebut drive-in, terbentuk. Setelah mendekati restoran seperti itu, pelayan berlari dan menuliskan pesanan Anda. Tidak perlu keluar dari mobil atau makan di institusi itu sendiri, semua orang senang dengan kecepatan dan kesederhanaan pada saat yang sama. Membentuk seluruh jaringan institusi semacam itu di semua negara bagian Amerika Para pendiri jaringan semacam itu adalah Charles dan Harry Carpenter atau Sidney Homemaker, yang membuka jaringan driver serupa bernama Herberts di Los Angeles, membangun kepercayaan pelanggan di banyak negara, menciptakan ledakan dan permintaan. Pemilik restoran terus bereksperimen dan meningkatkan prosesnya. Pada 1935, para pelayan mengendarai sepatu roda inline, dan segera para pelanggan sendiri memesan melalui speakerphone. Bukan tanpa modernisasi menu. Jadi, misalnya, Wayne - pemilik restoran "Bar Giant", (Bar Giant) atau "Bob's pantry", menciptakan cheeseburger yang luar biasa, sebagai ganti hamburger yang menyebalkan itu. Makanan pembuka, terdiri dari dua irisan daging sapi, memiliki ukuran besar - burger keju, semua orang menyukainya. Keberhasilan itu begitu hebat sehingga pada tahun 1937 Wayne telah menciptakan rantai restoran yang disebut Bob's (Bar of the Giant) di seluruh California. Sandwich-nya akan dinikmati oleh semua orang yang pernah ke restoran-restoran seperti itu. Sebelum membuat waralaba pada rantai makanan cepat saji dari tahun 1940 hingga 1950, Wayne menjual hak untuk menggunakan namanya, sebuah tanda bagi lusinan pemilik Drive-In.

Restoran McDonald's pertama di dunia.


Pada tahun 1940, saudara-saudara McDonalds mampu membuka restoran cepat saji di San Bernardino, yang terletak di persimpangan Fourteenth dan E Streets, 50 mil di sebelah timur Los Angeles dengan Rute 66 dari Chicago ke Santa Monica. Struktur bangunan berbentuk segi delapan dengan jendela-jendela besar, menunjukkan proses di dapur. Di era itu - itu adalah stereotip orang yang tidak biasa dan hancur. Dekat tempat usaha ada beberapa kursi untuk pelanggan. Dan luas tanah itu 600 kaki persegi. Ukuran alun-alun dan restoran tidak dapat bersaing dengan jaringan drive-ins yang besar pada saat itu. Tetapi pada tahun 1945, volume pengunjung meningkat beberapa kali. Setiap hari lebih dari 300 pengunjung berlalu, dilayani oleh 20 pelayan.
Restoran cepat saji McDonalds Brothers pertama di dunia di San Bernardino, berbaris.
McDonald's populer di kalangan anak muda, dan selama akhir pekan, lebih dari 150 mobil diparkir di tempat parkir. Menu memiliki 20 item yang populer: hamburger, burger keju, daging babi dan sapi, iga bakar, pizza, ikan.
Pada saat ini, pendapatan lebih dari $ 200.000 dan pendapatan, dari urutan $ 50.000 untuk dua tahun. Penduduk San Bernardino mulai menghormati dan menghormati Mac dan Dick, mereka mulai mengadakan makan siang, makan malam, rapat, dan acara lainnya dengan kaum bangsawan kota. Di antaranya adalah pemilik: klub, penerbit surat kabar, supermarket, dan lainnya. Saudara-saudara membeli salah satu rumah paling mewah di kota di atas bukit, yang terdiri dari 25 kamar, senilai $ 90.000. Mereka telah mengakui pada diri mereka sendiri bahwa itu menjadi membosankan bagi mereka untuk bekerja, karena prosesnya disederhanakan, semuanya bekerja tanpa gangguan, uang masuk ke kantong mereka sendiri.



Modernisasi restoran Macdonalds dan revolusi makanan.
Persaingan dan Kerugian.
Pada 1948, industri drive-ins (restoran terbuka) berkembang pesat, para pesaing membuat diri mereka terasa. Begitu dekat, di satu dan jalan-jalan yang berdekatan, pesaing membuka drive-in. Masalahnya juga ada di dalam alur kerja. Restoran MacDonald memiliki pergantian pelayan yang tinggi, karena banyak, dengan gaji yang baik, pergi ke yang dibayar lebih tinggi, sukses di era pemulihan ekonomi negara. Selain karyawan, atribut dapur menciptakan kerugian serius: piring, cangkir, garpu karena kekasih untuk mendapat keuntungan dari freebie, pencuri kecil atau piring dihancurkan oleh pelanggan dan pelayan sendiri. Setelah menyadari dan tidak puas dengan keadaannya, saudara-saudara hampir memutuskan untuk menutup restoran terbuka mereka untuk membukanya kembali, tetapi sudah berada di dalam pusat perbelanjaan besar, yang patennya meningkat setiap bulan, karena pertumbuhan populasi di pinggiran kota. Mereka datang dengan nama "Sepuluh sen" dan berencana untuk menjual hamburger dan burger keju dari 10 hingga 20 sen, bahkan menggosok koin ke kilau sehingga klien, yang membayar sepuluh sen, ingat restoran mereka. Satu-satunya hal yang berhenti adalah sedikit pengalaman dalam arah baru, dibandingkan dengan ruang kafe terbuka yang sudah teruji dan dikembangkan dengan baik untuk pengendara dan pelanggan tetap.

Revolusi makanan cepat saji.


Setelah menimbang semua pro dan kontra, dengan memperhitungkan biaya dan pendapatan akun, kami menemukan kerugian besar pada hidangan, pelayan dan layanan pelanggan yang lambat, yang menyebabkan akumulasi mobil yang pergi tanpa menunggu pemesanan. Keuntungan besar, lebih dari 80% berasal dari hamburger, burger keju, kentang, dan minuman. Keputusan itu tidak lama datang, perlu memodernisasi dan mengoptimalkan proses kerja, yang mengarah ke revolusi di bidang nutrisi. Restoran ditutup selama tiga bulan, dan para pelayan dipecat. Dapur sepenuhnya dibangun kembali dan berdasarkan prinsip yang berbeda. Alih-alih panggangan biasa, ukuran 2 kaki, 2 panggangan, ukuran 6 kaki, dipasang. Piring kaca, garpu dan sendok diganti dengan piring plastik, gelas, dilengkapi dengan kantong kertas untuk sampah. Mengurangi ukuran hamburger dan mengurangi biayanya. Sisa menu dikurangi 3 kali, meninggalkan yang paling diminati. Mereka mengurangi biaya hamburger dari 30 sen menjadi 15 sen, bahkan memasang tanda yang menunjukkan nilai dan nama khas, di atasnya berdiri seorang juru masak.
Hasil dari pekerjaan yang dilakukan: mendapatkan pesanan dalam jumlah besar, layanan cepat dan mengurangi biaya.

Kegagalan atau kesuksesan dari otomatisasi di McDonald's.
Yang paling celaan dan melecehkan sistem saraf adalah enam bulan pertama. Ejekan diterima dari pelanggan dan bahkan dari pelayan yang bekerja sebelumnya. Segalanya mulai membaik, untuk menggantikan orang-orang muda di dalam mobil, keluarga dan anak-anak mulai datang ke restoran. Klien pertama adalah seorang gadis kecil, berusia sembilan tahun, memesan selusin hamburger untuk makan malam di rumah. Sejak itu, pemahaman tentang pemasaran pada anak-anak telah muncul. Jika anak-anak menyukainya, orang tua akan memperhatikannya dan memberikan diskon kepada anak-anak. Biaya rendah hamburger membingungkan pengunjung, tetapi pendapat itu berubah secara dramatis, memandang dapur melalui kaca, di mana makanan mereka dengan cepat disiapkan dan akhirnya ketika menikmati rasanya. Setahun setelah mengubah masakan restoran dan prinsip operasi, pendapatan pulih, tetapi tidak membawa penjualan yang diharapkan, sebanyak yang saya inginkan.


Otomatisasi kerja di dapur McDonald's.
Saudara-saudara tidak berhenti dan terus memperkenalkan peralatan baru untuk mengoptimalkan dan mengotomatiskan proses kerja. Toman Ed, yang bukan profesional dalam pengembangan peralatan dapur dari pagi hingga malam, di hari-hari panas San Bernardino, bekerja tanpa lelah. Jadi McDonald mendapat peralatan baru eksklusif yang dirancang untuk memfasilitasi pekerjaan dan meningkatkan kecepatan kerja. Salah satu inovasi utama adalah distribusi tanggung jawab karyawan yang jelas, dan operasi mereka berubah menjadi templat untuk tindakan berurutan.
Sejak itu, tiga "pemanggang" (tukang panggangan) telah bekerja di dapur, menggoreng daging di dapur, dua "pemanggang koktail" (koktelmen), mengocok susu kocok, dua "pemanggang" (penggorengan), kentang goreng hingga kerak emas, dua "pengisian bahan bakar" (mengisi bahan bakar), mengisi burger dengan rempah-rempah, saus dan bumbu dan tiga "distributor" (distributor), menerima pesanan dari pelanggan dan memindahkannya ke dapur. Prosedur untuk memenuhi pesanan tidak tercela, seluruh staf menghemat waktu dan bahkan dalam jam-jam sulit yang terkait dengan sejumlah besar pelanggan, perlu waktu tidak lebih dari 30 detik untuk menyiapkan pesanan. Karena hal ini, keuntungan tambahan muncul dan makanan yang cepat rusak yang disiapkan sebelumnya dibuang.

Keberhasilan saudara-saudara melalui otomatisasi.
Pada tahun 1955, pendapatan tahunan McDonald bersaudara adalah sekitar $ 350.000, dan pendapatan bersih untuk dua adalah $ 100.000. Mereka bukan yang pertama yang datang dengan ide memangkas biaya, mempersingkat menu, hanya menyisakan yang paling dasar, tetapi mereka adalah yang pertama menciptakan "pabrik burger". Kemampuan untuk melayani antrian 20-30 orang pada jam sibuk, untuk waktu yang sangat singkat tidak ada yang bisa. Penghasilan seperti itu bisa membanggakan restoran mahal dan jauh dari San Bernardino, dengan tiga kali lebih sedikit pengunjung, tiga kali lebih banyak menu, dan tiga kali lebih banyak pengeluaran.

Waralaba McDonalds.
McDonald's pertama untuk lisensi (waralaba).


Setiap bulan, Mack dan Dick menerima sekitar 300 telepon dari pemilik pengemudi, pebisnis dan pengusaha dengan tujuan mendapatkan pengetahuan dan rahasia untuk mengotomatisasi alur kerja. Waralaba pertama dijual pada 1952 kepada siapa pun, Neil Fox, pemilik speaker mobil di Phoenix. Saudara-saudara memutuskan bahwa pendiriannya di Phoenix akan menjadi model makanan cepat saji. Mack dan Dick, dengan sangat serius, memutuskan untuk membangun kembali, restoran baru setidaknya harus dua kali lebih besar dari desain segi delapan yang lama, tetapi tidak ada aksen yang cukup cerah dan mengesankan dalam desain di restoran, sehingga lengkungan emas McDonald muncul. Arsitek, mengikuti mode dan tren tahun lima puluhan, sangat meninggalkan proyek dengan lengkungan. Gambar-gambar dan rencana desain dibuat dan dibawa ke final tanpa lengkungan, namun, saudara-saudara jatuh ke dalam jiwa lengkungan, kompleksitas tidak menghalangi jalan yang diinginkan, jadi mereka beralih ke Dexter, seseorang yang memakai papan nama. Saat itulah ia mengusulkan untuk menerangi lengkungan dengan lampu. Di restoran baru, dapur dua kali lebih besar, ada kebutuhan untuk mendapatkan hasil terbaik saat bekerja di dalam ruangan. Suatu malam yang indah mengumpulkan semua karyawan di tempat parkir. Penandaan dapur dibuat di trotoar dan di mana, apa yang berada, dan tugasnya adalah mengimprovisasi pekerjaan.

Satu-satunya hal yang tidak diperhitungkan oleh Saudara McDonald adalah bahwa lisensi itu dijual satu kali seharga $ 1000, dan pada saat yang sama semua praktik terbaik mereka, rahasia produksi, dan nuansa teknis digunakan. Dengan tangan mereka sendiri, sebelum bertemu dengan Ray Crock, saudara-saudara menjual 15 lisensi restoran, 10 di antaranya disebut McDonalds. Ada cukup banyak tawaran dan investor, banyak yang ingin berinvestasi dalam bisnis Mac dan Dick, tetapi, karena disibukkan dengan restoran mereka, menolak tawaran menguntungkan.

Waralaba McDonalds termasuk:
Gambar, desain bangunan.
Izin untuk menggunakan desain dan dekorasi, lengkungan emas juga masuk di sini.
Instruksi untuk organisasi makanan cepat saji.
Magang di San Bernardino selama 15 hari.
Dalam beberapa kasus, diizinkan menggunakan nama McDonalds.
Waralaba dalam nada ini adalah sukses kecil karena kurangnya kontrol atas restoran di bawah waralaba. Pengusaha dan pengusaha yang membeli waralaba mempekerjakan manajer yang membuat perubahan besar dalam pekerjaan dan penjualan produk makanan, yang pasti tidak sesuai dengan ideologi McDonald's. Saudara-saudara ingin mendapat lebih banyak, tetapi pada saat yang sama tidak berurusan dengan tugas-tugas restoran lain. Dalam hal ini, setiap restoran terpisah di bawah waralaba memiliki kebijakannya sendiri, makanan baru atau produksi yang lebih murah dari yang lama. Mack dan Dick sendiri adalah orang-orang yang terbuka, seperti restoran dengan jendela besar ke dapur, dan berbagi rahasia produksi mereka dengan setiap pengunjung yang ingin mengetahui secara lebih rinci tahapan produksi dan otomatisasi makanan cepat saji. Jadi pada tahun 1952, tanpa banyak usaha dan tanpa membayar untuk waralaba, sebuah restoran dibuka di Culver City oleh Collins tertentu, pada tahun 1954 sistem telah menyebar ke beberapa negara bagian Amerika, sehingga meningkatkan persaingan.

Ray Croc.


Ray A. Krok menjual peralatan untuk perusahaan, pengusaha, kafe dan restoran katering, memiliki lisensi untuk penjualan multimixer, yang terdiri dari 5 gelendong, untuk memasak cepat milkshake, di seluruh negeri. Pada musim panas 1954, ketika memesan 10 mixer, Ray sangat tertarik pada pembeli, karena mereka biasanya membeli potongan, dan di sini satu restoran segera memesan selusin. Keputusan untuk pergi ke restoran tidak lama datang. Kesan pertama yang hilang adalah keheranan dan kejutan yang dalam. Fasad bangunan pada waktu itu masih tua, tanpa rekonstruksi, tetapi efisiensi staf adalah yang terbaik. Pada siang hari, ada sekitar 150 mobil di tempat parkir, pergantian terdiri dari pengendara dan pejalan kaki, setiap layanan memakan waktu tidak lebih dari 15-20 detik.

Multimixer Ray Crock Menjual ke McDonald's Dick and Mack Brothers
Salah satu penulis surat kabar memperkirakan bahwa restoran McDonalds menghasilkan sekitar 20.000 milkshake dalam sebulan. Menjadi jelas bagi Ray hari itu, satu-satunya hal yang berlaku baginya adalah mengenal saudara-saudaranya dengan segera.

Waralaba McDonalds dengan Ray Crock.
Memiliki pengalaman luas dalam bisnis, pasokan barang, dan aktivitas kateringRay memperkenalkan sistem waralaba baru yang unik. Itu juga perlu untuk mengendalikan pasangan mereka sejumlah besar restoran, memiliki kemungkinan gagal karena mengabaikan teknologi, kualitas layanan atau bahkan produk makanan. Berkorban demi keuntungan cepat, waralaba ini membangun kerangka kerja yang panjang dan tangguh dalam kemitraan. Lisensi dijual satu kali ke satu restoran dengan harga $ 950, dengan mempertimbangkan kontrol kualitas produk dan layanan pelanggan. Pada 1969, Krok menjual lisensi di alamat tertentu, tidak mengizinkannya berlokasi di dekat restoran lain. Hak teritorial tetap ada pada waralaba McDonald's, sehingga melarang investor membangun sejumlah besar restoran di satu bidang tanah. Mereka memiliki kesempatan untuk mendesak, pada area yang dibeli ke dalam properti, bahwa institusi itu tidak akan menjadi milik orang lain, dipindahkan dan pada saat yang sama tidak memiliki hak untuk memilikinya. Masalah waralaba regional telah menghilang dengan sendirinya. Menjadi lebih mudah untuk mengendalikan pengusaha bodoh, misalnya, daripada 40 restoran McDonalds, diizinkan untuk memiliki 1 lisensi untuk 1 restoran. Berdasarkan kebijaksanaan McDonald's, dimungkinkan untuk memperoleh lisensi tambahan untuk pembangunan restoran, jika kualitas layanan masih memenuhi standar.

Jaringan restoran cepat saji lainnya menjual peralatan, peralatan, peralatan untuk mitra waralaba mereka, Krok kecil latar belakang mereka, dan hanya menjual 2 multimixer ke restorannya. Selain menjual lisensi untuk restoran, menjual dan memperdagangkan peralatan, seperti yang tampak bersifat dagang dan tidak mengarah pada konsekuensi yang lebih baik. Bahkan ada tuntutan hukum tingkat tinggi, misalnya, "Chiken Delite" (Chicken-Delight) tidak ada lagi karena tuntutan hukum di bawah hukum Amerika, pemilik restoran menolak membayar peralatan untuk memanggang ayam. Salah satu keadaan bencana bagi bisnis restoran adalah bahwa pemilik waralaba berhenti mengkhawatirkan kualitas layanan untuk restoran mereka di bawah lisensi dan berubah menjadi pemasok peralatan untuk mendapatkan keuntungan cepat. Contoh yang baik, seperti pada 1960-an, perusahaan "Burger Chef" (Burger-Chef) telah kehilangan pengaruhnya di pasar dunia karena penurunan kualitas layanan, yang tujuannya adalah penjualan produk industri.

Kesuksesan waralaba Ray Crock.


Menganalisis kesuksesan dan kesalahan para pesaingnya, memiliki pengalaman luas dalam berdagang dan berkomunikasi dengan para pebisnis tingkat tinggi, Krok membangun sistem franchise-nya, yang secara radikal berbeda dari yang lainnya. Hampir setiap orang yang menjual lisensi untuk bisnis restoran mengejar uang cepat, pendapatan tahunan tinggi dan meminimalkan biaya, sementara yang lebih giat mengatur penjualan teritori atau peralatan industri untuk restoran mereka. Krok, pada gilirannya, berjuang untuk volume penjualan dan layanan berkualitas tinggi, bermimpi bahwa berada di mana saja di negara atau dunia, pergi ke restoran McDonalds, ia juga akan diberi makan dengan cepat dan enak.

Ray Krok percaya bahwa ketika memesan sejumlah besar peralatan atau makanan dari pemasok, Anda tidak boleh mengambil diskon untuk diri sendiri, lebih baik memberikannya kepada pemilik restoran. Gejolak organisasi dalam pasokan restoran dihentikan, dan pemilik restoran disuplai dengan peralatan teknis terbaik dan produk berkualitas tinggi dengan diskon yang mengesankan karena ukuran rantai restoran McDonald's. Bahkan ada kasus di mana produsen 100% lemak, yang membuat tes lebih rapuh, Smargon Hary menawarkan terima kasih kepada Ray untuk sejumlah besar pesanan, tetapi Ray menjawab: "Saya tidak perlu terima kasih, saya tidak perlu hadiah untuk Natal, hanya saja buat seratus persen lemak terbaik di seluruh Amerika. ”

Membeli dan menjual McDonalds.


Pada tahun 1961, Ray Crock membeli McDonalds seharga $ 2,7 juta dari saudara-saudaranya Mack dan Dick. Krok pada waktu itu tidak memiliki jumlah uang yang begitu besar, dan pemberi pinjaman menganggap makanan cepat saji bukan investasi yang menguntungkan. Kemudian Ray mengatur perusahaan baru
"Negara Waralaba" (Franchise Estate), yang terlibat dalam pembelian dan penyewaan tanah dengan McDonald's untuk restoran masa depan.

Dengan demikian, tanah yang disewa untuk restoran untuk pemilik masa depan, yang membeli waralaba untuk jangka waktu 20 tahun, dengan pembayaran tetap sebesar $ 700 per bulan, disewakan pada $ 1000 per bulan, dan kondisi pembelian lisensi McDonalds memerlukan pembayaran satu kali sebanyak 1000 $ dan setoran $ 10.000, yang $ 5.000 dikembalikan setelah 10 tahun dan sisanya setelah periode yang sama. Kondisi pembayaran 1,9% dari omset restoran McDonads masih dipertahankan.
Akibatnya, pemilik tanah restoran McDonalds adalah Ray Kroc, dan pemilik restoran membayar tanah itu. Kontrol atas wilayah itu dilakukan melalui kepemilikan dan lisensi waralaba. Keuntungan dari langkah ini terlihat oleh mata telanjang:

Kontrol atas pemilik restoran.
Kontrol atas pemilik oleh perusahaan McDownds, yaitu Mack dan Dick.
Untung dari semua sisi.


Untuk mengakhiri kisah McDonalds.
Brother McDonald's, Dick dan Mack, telah mengembangkan teknologi unik untuk mengotomatisasi dan mengoptimalkan proses makanan cepat saji.
Restoran McDonalds Brothers pada saat itu tidak sebanding dengan restoran cepat saji lainnya dalam hal kualitas layanan, kecepatan, dan keuntungan.
Ray Croc telah mengembangkan waralaba unik yang memungkinkan restoran McDonalds tumbuh dan berkembang di seluruh dunia.
Pada tahun 1961, Ray Crock membeli McDonalds dengan harga $ 2,7 juta.
Pada tahun 1965, lebih dari 700 restoran di Amerika Serikat telah dibuka.
Pada tahun 1966, McDonalds berhasil berdagang di New York Stock Exchange. Bisnis restoran pertama yang menerbitkan saham dan berhasil menjualnya.
Pada tahun 1967, pembukaan restoran di Kanada, setelah itu pertumbuhan dimulai oleh negara.
Pada tahun 1971, pembukaan restoran di Jepang, Jerman, Inggris, Prancis, Australia. Sekitar 80% keuntungan berasal dari restoran di negara-negara ini.
Pada 1997, jumlah restoran di seluruh dunia adalah sekitar 11.000 di 108 negara.
Pada Januari 1990, sebuah restoran dibuka di Rusia, Moskow. Ada sekitar 30.000 pengunjung pada saat pembukaan.
Pada tahun 1993, sebuah restoran dibuka di Timur Tengah di kota Tel Aviv, sesuai dengan agama dan hukum, bahan-bahan yang diletakkan dalam makanan cepat saji direvisi.
Pada 2008, restoran McDonalds di Moskow adalah yang paling banyak dikunjungi di antara 30 ribu restoran serupa di seluruh dunia, jumlah pengunjung adalah 2,8 juta orang per tahun.
Pada 2010, sekitar 33.000 restoran di 118 negara dibuka. Kapitalisasi McDonalds adalah $ 64,2 miliar.
Untuk 2017, nilai pasar McDonalds adalah $ 136,93 miliar.
Hingga saat ini, saham perusahaan, hampir 100%, bebas mengambang.
Jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia mulai bekerja dengan bar barbekyu kecil pada tahun 1940 di kota San Bernardino, California. Perusahaan ini didirikan oleh saudara-saudara Richard dan Maurice MacDonald dan sejak itu jaringannya telah berkembang sangat pesat sehingga kini melayani 68 juta pengunjung setiap hari di 119 negara. Nah, restoran pertama disebut "McDonald's Famous Barbeque" dan menawarkan pengunjungnya sekitar empat puluh jenis daging goreng. Dalam artikel ini kami tidak hanya akan memberi tahu Anda tentang restoran pertama, tetapi juga tentang sejarah salah satu yang terbesar dan paling terkenal di dunia. Dalam foto di bawah ini Anda dapat melihat persis restoran asli itu dalam bentuk aslinya.


Titik balik penting dalam urusan restoran terjadi pada tahun 1948, setelah MacDonald bersaudara menyadari bahwa sebagian besar keuntungan mereka berasal dari penjualan hamburger. Kemudian mereka memutuskan langkah berani dan kardinal - mereka benar-benar menutup restoran dan membuat ulang interior menjadi sistem konveyor sederhana untuk persiapan hamburger. Menu sederhana termasuk hanya beberapa jenis hamburger, keripik dan jus jeruk. Tahun berikutnya, kentang goreng dan Coca-Cola ditambahkan di sini. Menu sederhana ini, serta sistem memasak sederhana berbasis konveyor, memungkinkan mereka menjual hamburger seharga 15 sen, yang dua kali lebih murah daripada di restoran lain di kota.

Pada tahun 1953, saudara-saudara telah memberikan izin untuk membuka jaringan McDonald's di kota-kota tetangga. Tiga makanan cepat saji dibuka di Phoenix, Arizona, dan Downey di California. Restoran di Downey sejauh ini merupakan salah satu restoran tertua yang masih ada. Pada tahun 1945, saudara-saudara membawa Ray Kroc, penjual mesin milkshake, selama pembukaan restoran di seluruh negeri. Pada 15 April 1955, McDonalds menjadi korporasi. Perusahaan ini menamai restoran Original McDonald pertamanya, karena ini adalah awal dari kisah sukses perusahaan yang fenomenal. Baru-baru ini, kami juga menulis tentang Museum Coca-Cola, mitra tetap McDonald hampir sejak didirikan. Museum McDonalds terletak di San Bernardino, tempat bisa melihat salinan persis sebuah restoran dengan peralatan asli, termasuk milkshake Ray Croc. Berbagai seragam karyawan restoran di berbagai periode pekerjaannya juga ditampilkan di sini. Ada juga koleksi iklan lama, foto dan video yang didedikasikan untuk cerita McDonalds. Dalam foto di bawah tahun 1950-an. Pelanggan di McDonald's Restaurant:




Foto 1955, ini adalah restoran pertama Ray Crock di Des Plaines, Illinois:



Eksterior toko pertama di Des Plains, Illinois:



Tim McDonald's di Des Plains:



Penampilan restoran cepat saji pertama dengan lengkungan neon, 1955:



Wilayah restoran McDonald's pertama, San Bernardino, California:



Museum McDonalds di Des Plains, Illinois:



Mac Drive pertama di Sierra Vista, Arizona:



Fred Turner dan Ray Crock sedang mempertimbangkan proyek untuk restoran masa depan:






Dan inilah McDonald's tertua di Downey, California. Restoran tidak banyak berubah sejak dibuka pada tahun 1953:




Kesimpulannya, beberapa foto dari Museum McDonalds:




Badut lucu dan lucu, meja bundar berdiri di jalan, payung merah besar di atas mereka - semua ini adalah gambaran eksternal. Apa yang akan kita lihat di dalam? Garis besar, besar, dan setiap saat sepanjang hari, tetapi Anda tidak boleh berbicara tentang akhir pekan ... Apa yang ada di depan kita? Tentu saja, kafe McDonald.

Awal cerita yang panjang.

Empat puluhan abad kedua puluh tepat ketika dua saudara memulai bisnis mereka dengan pembukaan yang kecil restoran, yang sepenuhnya standar, tidak berbeda. Itu terletak di San Bernardino (AS, California). Bisnis dimulai dengan baik. Penghasilan 200 ribu setahun, cukup puas dengan saudara-saudara. Tapi garis hitam merayap tanpa diketahui: ada cukup banyak restoran di kota itu, jadi ada lebih sedikit pengunjung, yang memengaruhi pendapatan. Saudara-saudara tidak menyerah, mereka bahkan tidak berpikir bahwa restoran harus ditutup, mereka memutuskan bisnis mereka meningkatkandengan membuat restoran mereka berbeda dari orang lain. Saudara-saudara mencapai tujuan mereka, dan restoran yang diperbarui muncul di hadapan para pelanggan pada bulan Desember 1948.

Apa yang berubah? Sebuah sistem swalayan muncul, menunya dikurangi, Dapur mulai memproduksi apa yang dibutuhkan massa, akibatnya harga hamburger menurun. Ini, tentu saja, sangat disukai pelanggan. Tidak ada restoran di California di mana tidak ada pelayan yang hadir. Klien membuat pesanan sendiri dan dia sendiri sedang mencari meja gratis. Dapur sekarang bekerja dengan kecepatan cahaya, terlepas dari kenyataan bahwa hanya hal-hal paling mendasar yang tetap ada di menu: burger keju, hamburger, kentang goreng, keripik, minuman. Sekarang penghasilan saudara-saudara hampir berlipat ganda. Selain itu, mereka mulai berbicara tentang restoran swalayan yang tidak biasa di seluruh kota. Pemilik tidak berpikir tentang bagaimana mempromosikan bisnis mereka, semuanya cocok untuk mereka. Untuk membuat bisnis mereka lebih produktif, saudara-saudara mengalami semua kesulitan memasak sendiri: mereka berlutut, menggambar diagram, dan mengatur personel seefisien mungkin.

Dengan cara baru mulai membuat tidak hanya makanan tetapi juga minuman. Misalnya, koktail dikocok menggunakan mixer. Ray Croc adalah seorang pria yang berkolaborasi dengan Mac Donald bersaudara, dialah yang mengirim mixer ke restoran. Ray Krok sangat terinspirasi oleh bisnis saudara-saudara, ia menawarkan kepada mereka kerja sama "Bisnis seperti itu akan dipromosikan di seluruh dunia," Krok mengeluarkan vonis. Saudara-saudara MacDonald tidak benar-benar menginginkannya bekerja keras, mereka senang dengan segalanya, jadi Krok menawarkan bantuannya, dan menerima persetujuan.

1960 - perusahaan saudara menerima nama baru -Perusahaan McDonald. Krok berhasil berdagang waralaba, yang dijual secara terpisah untuk setiap restoran. Selain itu, untuk mendapatkan waralaba untuk memiliki restoran kedua, perlu untuk membuktikan kualitas yang pertama, yang mana komisi khusus diadakan. Apa yang dimiliki MacDonalds sendiri dari ini? Tentu saja persentase. Pemilik restoran seharusnya membayar 1,9% setiap bulan, dengan 1,4% ditujukan untuk Krok, dan hanya 0,5% untuk saudara-saudara. Awalnya, ide Croc tidak terutama populer, hanya delapan belas waralaba yang terjual. Lagipula, tidak semua orang percaya makanan cepat saji. Titik baliknya adalah akuisisi waralaba oleh seorang jurnalis terkenal yang kemudian menjadi sangat kaya. Pengusaha lain membuat kesimpulan yang sesuai. Krok kaya, tetapi ini tidak cukup baginya. Karena itu, pada tahun 1961, ia menebus perusahaan dari saudara-saudara. Jumlah itu ruang - 2,7 miliar rubel. Crok tidak memberikan pinjaman, bank tidak percaya pada keberhasilan promosi makanan cepat saji. Solusi apa yang ditemukan Croc? Waralaba dijual dengan kecepatan luar biasa, jadi mereka menanggung semua biaya. Sebuah restoran yang membeli waralaba harus membayar bunga.

Dan kemudian bisnis yang sebenarnya dimulai. Sudah pada tahun 1965, sekitar 700 restoran berfungsi di AS. Biaya hamburger perlahan meningkat, tetapi tidak ada pembeli lagi, karena otoritas sudah bermain untuk dirinya sendiri. Pada tahun 1966, saham MacDonald sudah terdaftar di New York Stock Exchange. Pada tahun 1967, restoran pertama dibuka di luar Amerika Serikat. Negara perintis ini adalah Kanada. Pada 2015, Kanada memiliki lebih dari seribu restoran. Karibia dan Belanda kemudian juga mencoba tangan mereka pada lomba ini, kami mencatat cukup berhasil.

1971 - McDonalds membuatnya langkah pertama ke Eropa. Restoran pertama dibuka di Jerman. Ini membuat percikan pada orang Eropa, sekarang di Jerman ada sekitar tujuh ratus restoran.

Saat ini, ada 6 negara yang memiliki jumlah restoran McDonald's maksimum di wilayah mereka: Jepang, Australia, Prancis, Jerman, Inggris, Kanada. Keuntungan dari negara-negara ini adalah sekitar 80 persen dari total.

Sekarang penemuan McDonald's baru diidentifikasi Bagus untuk skala lokal peristiwaditulis di koran lokal.

1976 penting bagi Rusia, karena pada saat itulah Uni Soviet menandatangani perjanjian usaha patungan. Orang Rusia dengan cepat jatuh cinta pada makanan cepat saji, sekitar empat puluh hingga lima puluh ribu pengunjung setiap hari mulai dilayani setiap hari.

Dan restoran, yang dibuka di ibukota Cina, hanya memecahkan semua catatan penjualan yang ditetapkan di Moskow.

Restoran McDonald's memiliki jaringan petani yang hanya memasok produk segar dari pabrik. Bukan kebetulan bahwa bahkan di sudut terkecil dari planet kita kita dapat melihat restoran McDonald's. Negara-negara di dunia Islam bahkan tidak menolak lezat seperti itu, mereka hanya perlu menyesuaikan menu: menghapus daging babi dari daftar produk.

Siapa yang belum pernah mendengar tentang McDonald's saat ini? Orang seperti itu tidak ada. Bagaimanapun, rantai restoran cepat saji ini sangat populer dan merupakan bagian dari gaya hidup orang Amerika. Bukan rahasia lagi bahwa sejarah McDonald berasal dari Amerika Serikat. Ini sekarang sejumlah besar restoran di seluruh dunia. Menurut indikator ini, rantai makanan cepat saji adalah yang kedua setelah Subway. Lee Iacocca, yang adalah presiden Ford, menyesal bahwa pada saat itu (1955) tidak membeli merek dagang McDonald. Kemudian Ray Croc berada di depannya, dengan nama yang dikaitkan dengan kesuksesan merek yang menakjubkan. Banyak orang masih berpikir bahwa saudara-saudara MacDonald mengembangkan kerajaan ini. Dalam artikel ini, kami akan menghilangkan keraguan, dan Anda akan mempelajari kisah nyata penciptaan McDonald's.

Mulailah. Jalur
Semua orang tahu bahwa di pertengahan abad ke-20, krisis ekonomi melanda Amerika. Roosevelt, yang saat itu adalah presiden Amerika Serikat, memutuskan untuk memulai banyak proyek konstruksi kecil. Ditambah lagi, ia memulai pembangunan sejumlah besar jalan. Setelah semuanya siap, pengusaha swasta mengambil tempat mereka, membuka pompa bensin, stasiun layanan, supermarket, dll.

Dick dan Mac McDonald mengira ada sesuatu yang hilang. Kisah kemunculan McDonald's dimulai pada tahun 1940, ketika upaya dua saudara lelaki di kota kecil San Bernardino membuka restoran kecil. Di sini, seperti biasa, salad, sayap, barbekyu dijual - tidak ada yang istimewa. Dan penghasilannya cukup standar - sekitar 200 ribu dolar setahun. Hampir setiap restoran jenis ini menghasilkan uang ini.

Kesuksesan pertama
Bagi MacDonald bersaudara, penghasilan ini sudah dianggap sukses besar, dan mereka mulai berpikir untuk meningkatkan kedai. Diskusi tersebut mengungkapkan tiga faktor keberhasilan: kualitas, harga, dan layanan. Perlu dicatat bahwa di restoran itu tidak mahal, tetapi menjadi setengah harga atas desakan Dick. Jadi, hamburger biasa bisa dibeli seharga 15 sen.

Sejarah pendirian McDonald's sebagai perusahaan makanan cepat saji dibentuk pada waktu itu. Saudara-saudara menetapkan tujuan - untuk melayani secepat mungkin, tetapi agar kualitasnya tidak terpengaruh. Mereka menciptakan menu baru, termasuk hamburger, burger keju, susu, kue, dan kopi. Sayap dan pesta barbekyu berhenti dilakukan, diserahkan kepada pesaing.



Kecepatan layanan meningkat, tetapi ini tidak cukup. Kemudian Dick dan Mack memutuskan untuk merombak dapur sepenuhnya. Mereka membuat jalur produksi, membentuk konveyor.

Secara singkat tentang sejarah penciptaan McDonald's - pada tahun 1948, sebuah restoran yang diperbarui dibuka, di pintu tempat barisan 150 orang berkumpul.

Lapangan tenis
Keberhasilan saudara-saudara sudah jelas, sekarang pendapatan tahunan mereka diperkirakan 350 ribu dolar. Restoran di San Bernardino juga berfungsi, orang-orang berdiri dalam barisan untuk mencoba makanan yang cepat dimasak.

Sementara para pesaing iri, Dick dan Mack menghabiskan seluruh waktu luang mereka di lapangan tenis. Mereka tidak bermain, tetapi melukis. Dengan kapur di tangan mereka, saudara-saudara merangkak melintasi lapangan, mencoba menggambar rencana dapur yang ideal. Setelah beberapa waktu, mereka menyelesaikan pekerjaan mereka dan diundang koki berpengalaman. Mereka harus berlarian di dapur ini, meniru persiapan makanan yang sebenarnya. Setelah beberapa perubahan, rencana ini diberlakukan. Keberhasilan itu luar biasa. Koki memasak begitu cepat sehingga throughput institusi dan, akibatnya, pendapatan meningkat.

Saudara-saudara menjadi selebritis sejati. Banyak perusahaan ingin berkolaborasi dengan mereka. Menerima 300 penawaran per bulan dari seluruh dunia. Cabang pertama dibuka di kota Phoenix, Arizona. Ini disebut Neil Fox. Huruf "M" tergantung di atas pintu masuk gedung, yang sekarang biasa mengasosiasikan McDonald's. Di sinilah daftar prestasi Dick dan Mack Brothers berakhir. Kisah McDonald's mendapatkan pahlawan baru.

Raymond Crock
Pria yang menciptakan McDonalds dalam pengertian modern lahir pada tahun 1902, 10 Mei. Pada usia 15, Ray Croc, setelah memalsukan dokumen, bergabung dengan tentara, dan mulai berbisnis pada saat kedatangan. Pada saat itu, adalah mungkin untuk mencapai kesuksesan tanpa memiliki modal awal yang besar.



Awalnya dia terlibat dalam penjualan cangkir kertas dan alat makan lainnya. Kemudian dia asyik dengan ide menjual mixer. Raymond Crock berkelana ke seluruh Amerika, berjualan koktail. Dia sangat menyukainya sehingga dia membeli lisensi untuk menjual barang.

Dia bekerja sebagai agen perjalanan selama 30 tahun, dia mengunjungi ratusan perusahaan berbeda yang menjual mixernya. Pria ini memiliki pengalaman luar biasa, dan ditambah segalanya, lebih dari sekali ia memiliki ide-ide cemerlang. Hidupnya berubah setelah satu urutan yang tidak biasa. Pemilik satu restoran kecil meminta Raymond untuk membawa 8 mixer. Dia segera menunjukkan minat, karena dia tidak bisa menebak mengapa perlu membuat 40 koktail pada saat yang sama. Krok tiba di kota provinsi dan bertemu dengan saudara-saudaranya, Dick dan Mack. Dari sinilah dimulai kisah perkembangan McDonald's.

Momen penting
Saudara-saudara MacDonald baik-baik saja: ada banyak pelanggan, untung, juga. Kemudian mereka bertemu Krok, yang saat itu berusia 51 tahun. Setelah mempelajari tentang pendirian ini, ia bersemangat tentang gagasan memperluas bisnis dan ingin menambah jumlah restoran seperti itu di waktu-waktu tertentu.

Perusahaan tempat Raymond Crock bekerja tidak khawatir waktu yang lebih baik, dan potensinya membutuhkan lebih banyak. Saudara MacDonald seharga $ 950 kehilangan nama mereka untuk Krok untuk penggunaan sementara dan tidak gagal.

15 April 1955 - Restoran pertama Raymond dibuka di kota Des Plans. Kisah sukses McDonald's telah dimulai. Manajer dengan pengalaman hebat, Krok mengembangkan ideologinya, yang terdiri dari slogan: "kualitas, layanan, kebersihan, dan harga." Kata-kata ini berubah menjadi mantra, yang diulangi oleh Ray dan semua bawahannya sepanjang waktu. Perlu dicatat bahwa dia mengenal semua orang secara langsung dan membayar mereka $ 100 sebulan.

Lima tahun kemudian, McDonald's terdiri dari dua ratus restoran cepat saji. Di semua kota tempat restoran dibuka, ada menu yang sama. Pengunjung harus tahu bahwa mereka akan memberinya hamburger yang sama dengan ukuran yang sama, terlepas dari lokasi. Kroc sangat baik pada "gagasannya" dan melakukan perjalanan keliling restoran-restoran kerajaan McDonald untuk secara pribadi memverifikasi bahwa semua instruksi diikuti.

Waktu yang sulit
Sejarah penciptaan dan pengembangan McDonald's tidak semulus yang semua orang pikirkan. Bahkan "raksasa" pasar ini mengalami masa-masa sulit. Cabang dibuka dengan kecepatan panik, restoran-restoran sedang laris, tetapi laba tidak mau tumbuh. Tidak ada cukup uang bahkan untuk memberikan gaji kepada manajer. Krok menjanjikan mereka 30% saham di perusahaannya, dan dia menjamin 22% kepada perusahaan asuransi untuk membayar kembali pinjaman satu setengah juta dolar. Jumlah inilah yang tidak cukup dimiliki Ray untuk membeli nama saudara MacDonald. Secara total, mereka meminta 2,7 juta dolar.



Pada awal 60-an, Krok hanya menginginkan satu hal - untuk membeli perusahaan dan membangunnya sendiri seperti yang diinginkannya. Dia mengerti bahwa nama saudara-saudara sangat populer dan semua orang mengenalnya. Raymond Crock terobsesi dengan gagasan ini. Dia bertaruh semua yang dia miliki dan mengumpulkan jumlah yang diperlukan. Dia bahkan memutuskan hubungan dengan istrinya, yang telah dinikahinya selama 39 tahun. Sekarang seluruh kekuatan dan waktunya dicurahkan untuk tujuan hidupnya - McDonald's.

Pada saat yang paling sulit bagi kekaisaran, Krok dibantu oleh kecerdikan salah seorang pegawainya, Harry Soneborn, yang mengusulkan penggunaan sewa tanah sebagai basis bisnis. Sekarang disebut waralaba, dan sangat populer. Membeli bisnis yang sudah jadi memecahkan banyak masalah. Pada saat itu, ini adalah solusi terbaik, perusahaan waralaba Croc-real estate diciptakan, yang menjadi cukup menguntungkan. Tidak ada yang meragukan keberhasilan perusahaan.

McDonald selamanya
Pada tahun 1975, kekayaan Raymond Crock diperkirakan mencapai $ 340 juta, tetapi ia tidak tenang. Sampai kematiannya, ia berpartisipasi dalam urusan gagasannya. Sejarah McDonald's benar-benar unik. Satu orang, berkat bakat dan kemampuannya untuk bekerja, menciptakan sebuah perusahaan di mana omset tahunan diperkirakan mencapai miliaran dolar. Kroc percaya bahwa alasan untuk sukses adalah perluasan jaringan. Setiap tahun dia membuka restoran baru, menjual lisensi dengan harga konyol.



Di tahun 60-an, ia melakukan pekerjaan dengan baik, menciptakan laboratorium tempat para manajer puncak masih belajar. Krok meluncurkan perusahaan periklanan skala besar. Dialah yang menemukan badut Ronald MacDonald, yang mempersonifikasikan merek. Anak-anak menyukai pahlawan ini bersama dengan Santa Claus dan Mickey Mouse.

Mustahil untuk menceritakan kisah McDonald secara singkat. Kontribusi Kroc pada penciptaan dan pengembangan kekaisaran raksasa dalam skalanya sangat berharga. Merek McDonald's berutang kemakmuran kepada satu orang yang namanya harus diketahui semua orang. Tidak sia-sia bahwa para ahli menyebut Krok salah satu manajer terhebat dalam sejarah.

Restoran cepat saji pertama di Rusia
Sejarah penemuan McDonald di Rusia cukup menarik. Di Uni Soviet, seperti yang Anda tahu, ada larangan korporasi Barat. Karena itu, ketika restoran McDonald's pertama dibuka pada 31 Januari 1990, ini menimbulkan kegembiraan yang tidak realistis. Orang-orang Moskow dan tamu-tamu di ibukota segera menyukai makanan, dan orang-orang mengantri sepanjang hari untuk masuk. Pushkin Square, di mana ada bar makanan ringan, tepat di pagi hari dipenuhi orang.

Mereka yang ingin masuk ke restoran berbaris dalam antrian kilometer. Saksi mata mengatakan bahwa pada bulan-bulan pertama lembaga itu, tidak mungkin untuk sampai ke sana. Ada kemungkinan, jika Anda mengantri di pagi hari. Kadang-kadang saya harus melakukan beberapa upaya sehari untuk tetap mendapatkan barang luar negeri. Sekarang di Rusia ada lebih dari 500 restoran, yang masing-masing menerima sejumlah besar pengunjung.

Dapur
Sejarah penciptaan McDonald's tidak mungkin dibayangkan tanpa masakan yang unik. Seperti yang sudah dicatat, Mack dan Dick menciptakan conveyor sehingga proses menyiapkan makanan mencapai otomatis. Tentu saja, dalam jumlah waktu seperti itu, banyak yang telah berubah, bukan tanpa upaya Raymond Crock.

Perjalanan ke dapur dimulai dari gudang biasa, tempat produk setengah jadi disimpan. Mereka dimasukkan ke dalam kulkas khusus, di mana suhu di bawah nol dipertahankan setiap saat. Sisa produk yang tidak rusak berada di ruangan gelap.

Minuman (Coca-Cola, Sprite, Fanta) dibawa ke restoran dalam bentuk sirup, yang kemudian dicampur dengan air soda. Kentang goreng yang terkenal datang sudah beku. Di pabrik, potongan itu dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian digoreng selama beberapa detik dalam minyak mendidih dan segera dibekukan. Perawatan ini memungkinkan kentang menjadi keras dan renyah.



Dapur itu sendiri dibagi menjadi dua bagian: di mana lemak dalam dan panggangan dimasak, masing-masing. Perlu dicatat bahwa roti burger juga dibawa dalam bentuk beku. Dalam hal ini, minyak bahkan tidak ditambahkan, karena ada cukup lemak dalam daging sehingga tidak menempel pada panggangan.

Adapun bumbu, sangat sederhana: lada dan garam. McDonald tidak menggunakan rempah-rempah lain untuk memasak. Roti dibuat di karamel terlebih dahulu di dalam pemanggang, dan karenanya tidak menyerap saus. Dengan lemak yang dalam, selain kentang goreng, nugget favorit dan McChicken dimasak. Perlu dicatat bahwa hidangan mulai memasak hanya setelah menerima pesanan, sehingga tidak perlu khawatir tentang kesegaran.

Jumlah pasti restoran cepat saji di bawah merek ini tidak dapat disebut. Poin baru buka setiap hari, sementara poin lama yang tidak sesuai harapan ditutup. Kisah McDonald mengatakan bahwa Crock menganggap ekspansi jaringan menjadi perhatian utamanya. Saat ini, ada lebih dari 35 ribu restoran dengan hampir 2 juta karyawan.

Perusahaan McDonald memberikan banyak perhatian, tidak mungkin untuk mengabaikan keberadaannya. Merek telah menjadi peserta reguler dalam berbagai teori konspirasi. Salah satunya mengatakan bahwa rantai restoran ini digunakan oleh pemerintah Amerika untuk bunker rahasia jika terjadi perang nuklir. Tentunya, banyak orang percaya ini.



Fakta bahwa McDonald's tidak sehat adalah fakta yang sudah ada. Namun, ini tidak menghentikan pertumbuhan jaringan setiap hari. Popularitas McDonald semakin meningkat setiap hari. Jika Anda hitung, maka di restoran perusahaan setiap detik mereka membeli 75 hamburger, dan lalu lintas harian melebihi angka 70 juta.

McDonald dibahas di mana-mana, artikel terus diterbitkan tentang itu, menjadi pusat skandal lain, dll. Hanya satu hal yang jelas bahwa jaringan ini akan ada dan berkembang selama bertahun-tahun hingga Raymond Crock baru muncul dan muncul dengan format institusi baru makanan cepat saji. Saya ingin mencatat bahwa orang-orang seperti itu dilahirkan sangat jarang, dan sejarah McDonald adalah konfirmasi dari ini. Jaringan restoran ini memiliki banyak pesaing, tetapi mereka semua kehilangan popularitas dan kualitasnya. Saudara-saudara MacDonald dan Raymond Crock berhasil menemukan perusahaan unik yang akan memuaskan kita dengan makanan mereka selama bertahun-tahun.

(Sumber : muzeyrest.ru - dimuat 27 September 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.