Home - My Buku - Kang Sun & Tokoh Dunia - Kang Sun &Tokoh Milyarder - Catatan Kang Sun - Facebook
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


VIDEO KANG SUN - KONSPIRASI - ILUMINATION - GARDA NKRI - SAPA DUNIA -

Rabu, 07 Oktober 2009

Membangun Mental Berani Dalam Menempuh Sukses

1Memasukkan Pikiran Berani Ketika Dirundung Masalah
Katakanlah ketika usaha kita gagal. Kita telah banyak uang dan berhutang sehingga tidak punya uang untuk membayarnya. Itu suatu masalah besar! Anda juga dirundung masalah lain yang memusingkan. Misalnya apa kata orang lain tentang anda, apa penafsiran anda.
Apa kata tetangga, apa kata kakek, dan lain-lain...semua ini menjadi masalah, atau sekurang-kurangnya itulah yang kita pikirkan.

Jika kita mengkaji dengan teliti, umumnya masalah yang mengganggu sebenarnya tidak ada. Sebenarnya tidak ada yang memikirkan kita. Kebanyakan mereka hanya memikirkan diri sendiri. Kebanyakan orang tidak mempunyai waktu untuk memikirkan kita!

2Masalah Yang Mengganggu Sebenarnya Tidak Ada
Satu kajian terbaru mengatakan :
93% dari masalah sebenarnya tidak ada. Hanya 7% saja yang ada. Dari masalah yang ada, ada masalah dimana kita tidak dapat berbuat apa-apa. Misalnya, sekarang anda menghadiri seminar di sebuah pulau terpencil tanpa telepon dan hanya ada satu penerbangan keluar dari pulau itu seminggu. Tiba-tiba salah seorang anak kita mengalami musibah. Apa yang dapat anda lakukan? Tidak ada! Anda juga dapat memilih yang lain yaitu merisaukan anak anda sepanjang minggu sampai mendapat penerbagan balik.

Pikirkanlah. Mengapa harus merisaukan sesuatu dimana kita tidak dapat berbuat apa-apa?

Contoh lai : Katakanlah kita kehabisan uang karena usaha gagal dan berhutang dari bank atau seseorang hingga jutaan. Apa ada yang dapat anda perbuat?Tidak ada! Jadi jangan merisaukannya. (Ingat saya tidak bemaksud menyuruh anda tidak bertanggungjawab terhadap hutang-hutang anda, tetapi menyuruh MENJERNIHKAN pikiran terlebih dahulu. Setelah sebagian pikiran anda disempurnakan, mulailah memfokuskan pikiran baru dengan antusias. Rancangan baru, usaha baru, cara baru....) (266)

3Cara Memasukkan Gagasan Ke Pikiran
Banyak cara memasukkan gagasan ke pikiran. Anda dapat mengunakan sarana otomatis (auto suggestion), pemograman neurolinguistik (neuro linguistikc programing), kaidah metode CRAFT (Cancel, Replace, Affirm, Focus, Train) ciptaan Dr. Maxwell Martz, dzikir dan doa, mendengar rekama pita positif, membaca buku-buku positif dan lebih penting lagi mendekor kamar tidur dalam suasana positif.

Apabila kita keluar dari rumah, cobalah bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif. Setiap pagi, saat bangun tidur, rajinlah membayangkan orang sukses yang anda dambakan. Rasakan serba kaya da serba mewah. Miliki keberanian dalam diri kita. Amalkan hal yang sama di waktu malam sebelum tidur. (amalan paling buruk setiap pagi dan malam yang mungkin dilakukan oleh kebanyakan orang ialah membaca surat kabar).

Diwaktu siang hari, ketika senggang, cari kesempatan untuk melakukan hal yang sama. Anda akan segera menyadari bahwa walau apapun keadaan kita, pasti akan berubah kearahbayangan yang senantiasa kita bayangkan dalam pikiran! Setelah itu anda tidak akan takut gagal lagi.

“Orang-orang yang sukses dengan hebat bukan orang yang tidak pernah gagal. Namun mereka tidak menganggapnya sebagai kegagalan. Mereka tidak mengaitkan perasaan negatif dengan sesuatu yang tidak berhasil” (267)

4Kesuksesan Tergantung Pada Kekuatan Untuk Bertahan.


Kesuksesan tergantung pada kekuatan untuk bertahan. Kurang Tabah merupakan salah satu alasan orang gagal dalam bisnis, politik, dan kehidupan pribadi.
Seperti kata Dr. Napoleon Hill :
“Setiap orang sukses menyatakan bahwa kesuksesan hanya berada diluar ketika mereka yakin idenya akan berhasil.”

Ketabahan Charles Goodyear membuahkan ban yang memungkinkan kendaran melaju kencang. Ketabahan Beethoven mengisi dunia dengan musik inspiratif, Ketabahan Helen Keller memberikan harapan kepada semua orang cacat. Ketabhan Thimas Edison memberi kita cahaya listrik. Ketabahan Abraham Lincoln membuatnya terpilih jadi presiden. (271)

5Jangan Terlalu Kaku, Jika Harus Beralih Lakukanlah
Jangan terlalu kaku mengatakan bahwa anda tidak bisa berubah. Kadang kala dalam kehidupan kita terpaksa menekuni bidang usaha yang berlainan-dan kita mesti menyesuaikan seala keterampilan dan bakan yang diperoleh dari bidang-bidang usaha di masa alau serta menyalurkannya kebidang usaha yang baru. Kita mungkin terpaksa mempelajari keterampilan baru! (279)

“Apabila seorang pemanah tidak dapat membidik sasaran, ia menoleh dan mencari kesalahannya sendiri. Kegagalan untuk membidik mengenai pusat sasaran bukan salah sasaran. Untuk memperbaiki bidikan anda-perbaikilah diri anda sendiri” (Gilbert Arland) (279)

6Jangan Menggantungkan Pada Satu Keterampilan Saja
Jika anda menyadari bahwa anda tidak berhasil mencapai kemajuan pada suatu pekerjaan dimana anda telah dilatih untuk melakukannya, latihlah atau lengkapidiri anda dengan pekerjaan yang memberikan peluang meraih sukses di masa depan yang lebih bai.

Janganlah mengantungkan diri anda dengan satu keterampilan saja. Ingat, manusia manusia mempunyai kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru dan menekuni bidang usaha lain.

Jangan mempercayai bahwa seeorang harus hidup dan mati dalam satu bidang saja. Jika ornag lain bisa dapat sukses, anda juga bisa.

Ada orang yang mungkin gagal dalam suatu bidang tetapi sangat sukses dalam bidang usaha lain. (280)
7Kegagalan Membawa Kesuksesan
Chrishtopher Columbus tidak menemukan Hindia Barat, tetapi menemukan benua baru yang sebagian kini menjadi negara adidaya dimuka bumi.

Dalam usaha baru yang akan anda coba, ada suatu nasihat dari orang bijak,
“Ketahuilah apa yang akan anda lakukan, lakukanlah dan jangan menunda kembali. Jika anda membuat kesalahan, buatlah kesalahan yang hebat. Seperti orang yang sampai di persimpangan jalan dan bertanya, “Arah manakah yang perlu saya tuju, arah sana atau sini?”Pergi saja! Pilih satu arah dan pergilah. Usnsur masa itu pasti ada. Segala sesuatu mempunyai waktu dan tempat yang wajar.” (280)

8Bagaimana Sikap Saat Kegagalan Dahsyat Melanda , Belajar Dari Soichiro Honda
Tahun 1983, Honda menginvestasikan semua uangnya untuk membuka bengkel kecil dimana ia berusaha menghasilkan ring piston. Toyota ternyata menolak dengan mengatakan bahwa ia tidak memenuhi standar mereka.

Honda kembali bersekolah ketika desain produknya dianggap tidak jelas oleh dosennya dan teman-teman yang lain. Tetapi setelah dua tahun, desain baru diterima. Toyota memberi kontrak kepadanya. Ketika itu timbul masalah baru karena pihak Jepang sedang siap sedia berperang dan enggan memberi modal untuk mendirikan pabrik. Ia lantas mengumpulkan modal dari sekelompok orang untuk “mendirikan” pabrik sendiri.

Setelah itu perang meletus dan pabriknya terbakar dua kali dan beberapa bagian pabriknya musnah.

Ia tidak murung, tetapi bergegas keluar dan mengumpulkan karyawan agar mengambil sisa kaleng bensol yang dibuang oleh kapal terbang AS, untuk digunakan sebagai bahan mentah pabrik.

Kemudian gempa bumi juga menghancurkan pabrik.Akhirnya ia memutuskan menjual pabrik ring piston ke Toyota.

Setelah itu ia mencoba beberapa usaha lain tetapi semuanya gagal.

Akhirnya pada tahun 1947, setelah perang, Jepang kekurangan bensin. Honda tidak dapat menjual mobil untuk membeli makanan bagi keluaranya. Dalam keadan terdesak , ia memasang motor kecil pada sepeda dan setelah itu, seorang demi seorang tetangganya meminta Honda membuat kendaraan yang sama untuk mereka, sampai ia kehabisan motor. Kemudian ia memutuskan untuk mendirikan pabrik motor.

Tetapi, pada waktu itu, pihak pemerintah Jepang mengeluarkan Undang-undang pembatasan penggunaan bahan bakar. Untuk menjalankan motornya, Honda harus menyadap damar pohon pinus dan mencampurnya dengan bensin guna “menghilangkan” bau bahan bakar.

Untuk meningkatkan modal bagi pabrik sepeda motornya, ia menulis surat kepada 18.000 pemilik sepeda dan menerima 5.000 jawaban yang memberi kesanggupan meminjamkan modal kepadanya.

Ketika sepeda motor selesai dibuat, hanya sedikit orang yang membeli karena sepeda motor terlalu besar! Akhirnya ia membuat Hoda CUB. Kisah seterusnya kini menjadi legenda. (282)

9Kegagalan Bukan Berarti Tuhan Sudah Meningalkan Anda
Kegagalan bukan berarti anda gagal. Tetapi anda belum sukses.
Keggalan bukan berarti anda tidak mencapai apa-apa. Tetapi anda sudah mempelajari sesuatu.
Keggalan bukan berarti anda bodoh karena pernah mencoba. Itu pertanda anda berani, berhati teguh, bersemangat baja-maka berbanggalah dengan diri anda sendiri.
Kegagalan bukan berarti anda tidak akan sukses. Tapi butuh kesabaran.
Kegagalan bukan berarti anda sudah berakhir. Tetapi anda masih memiliki peluang untuk memulainya kembali, dan berusaha encari sesuatu yang baru.
Kegagalan bukan berarti Tuhan sudah meninggalkan anda. Tetapi Dia punya rencana yang lebih baik.
Jadi benar, bahwa kegagalan tidak akan pernah berakhir. (Dr. Robert Chhuller) (287)

“Pada tahun 1940, ide Chester Carlson ditolak oleh 20 perusahaan, termasuk beberapa perusahaan terbesar di beberapa negara. Setelah 7 tahun ditolak, pada tahun 1947, ide Chester Carlson diterima. Idenya adalah mesin XEROX. (305)

10 Semuanya Ada Resiko
Tertawa punya resiko kelihatan bodoh.
Menangis punya resiko kelihatan sentimentil.
Mengulurkan tangan punya resiko terlibat.
Meluapkan perasaan punya resiko mengungkapkan rahasia diri sejenak.
Meletakkan ide dan impian dihadapan banyak orang punya resiko disambar orang.
Mencintai punya resiko tidak dicintai lagi.
Hidup punya resiko mati.
Berharap punya resiko kecewa.
Mencoba punya resiko gagal.

“Disetiap kisah kesuksesan besar seperti Bill Gates di Amerika Serikat, ada 5.000 kegagalan.” (Analis di pusat MITI, Jepang) (309)

“Impikan apa yang berani anda impikan, lakukan apa yang berani anda lakukan, dan jadilah apa yang berani anda inginkan.” (Dr. Walter Doyle Steples) (311)

Setiap Kegagalan itu pelajara yang memotivasi orang untuk mencoba pendekatan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. (320)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.