Perlu diketahui langkah awal dalam memulai bisnis sendiri adalah mencari pasar yang tepat. Pasar di sini adalah pembeli yang nantinya bisa menjadi pembeli tetap dalam usaha yang dibangun. Untuk menjaring calon pembeli yang potensial tersebut sales funnel inilah solusinya.
Apa Saja Tahapan Dari Sales Funnel?
Awareness
Poin pertama ini adalah langkah paling awal dan langkah yang paling penting untuk menarik customer baru. Caranya dengan memperkenalkan produk yang ada pada calon customer tersebut. Kunci dari tahap ini adalah untuk membangun rasa percaya calon customer pada produk yang ditawarkan, agar calon customer ini bisa menjadi customer yang loyal nantinya.
Untuk bisnis online jika membicarakan awareness ini maka hal ini berhubungan pada sebuah konten. Untuk itu dalam membuat konten ini harus betul-betul menarik dan berkualitas. Usahakan untuk membuat konten yang real atau benar-benar ada dan terjadi. Hindari konten yang hanya awang-awang apalagi konten yang pembuat konten itu sendiri tidak tahu dan pernah mengalaminya sendiri.
Konten yang baik membutuhkan sebuah penelitian sehingga bisa berhubungan dan sesuai dengan keseharian target customer. Solusi tepatnya adalah dengan memanfaatkan SEO serta social ads, hal ini bisa mendapatkan awareness dari customer pada bisnis online.
Interest
Setelah berhasil membangun dan mendapatkan awareness dari customer, tahap kedua dalam teknik sales funnel ini adalah interest. Membuat target market jadi tertarik pada produk yang ditawarkan ini adalah dengan aktif merespon semua pertanyaan dan tanggapan dari customer.
Strategi yang bisa diterapkan di sini adalah dengan rutin membuat konten berkualitas setiap hari. Tidak perlu membuat konten lebih dari satu dalam sehari karena ini bisa jadi tidak efektif. Lebih baik membuat satu konten setiap hari atau satu minggu 3 kali membuat postingan konten yang penting berkualitas agar bisa menarik perhatian customer.
Decision
Di sini misinya adalah untuk membuat customer mengambil keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan. Cara mengetahui apakah customer tersebut akan mengambil keputusan membeli atau tidak adalah dengan mengamati apakah mereka mulai banyak bertanya produk yang ditawarkan, mulai membandingkan, bahkan meragukan produk yang ditawarkan.
Jika customer sudah memberikan sinyal-sinyal tersebut usahakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Jangan malas untuk membalas komentar dan pertanyaan customer. Jika perlu tawarkan diri untuk menjelaskan produk secara tatap muka untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang produk tersebut.
Action
Jika sudah sampai tahap ini artinya customer tersebut sudah menjadi pembeli atau pengguna produk yang ditawarkan. Meski demikian perhatian pada customer tetap harus berlanjut dengan memberikan layanan dari produk atau jasa yang ditawarkan agar customer puas dan bisa menjadi customer yang loyal.
Jika sudah menjadi customer loyal, besar kemungkinan customer tersebut akan mempromosikan produk tersebut ke orang lain serta menjadi pelanggan tetap. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga customer yang sudah didapat dengan baik. Pelayanan after sales sangat menentukan di sini, jangan malas!
Dari keempat tahap tersebut teknik sales funnel memang terlihat mudah namun dalam praktiknya tentu tidak semudah itu. Tidak sedikit yang melakukan kesalahan dalam praktek sales funnel ini terutama di bisnis online.
Kesalahan yang Biasa Terjadi
Dalam praktiknya biasanya menerapkan teknik sales funnel sering terjadi kesalahan yang fatal pada tahap paling awal. Kesalahan tersebut ialah langsung menyebutkan produk yang ditawarkan.
Padahal hal ini justru bisa menjadi alasan atau penyebab utama customer jadi tidak tertarik dengan produk atau jasa tersebut, hingga gagal lah mendapat pelanggan lebih banyak.
Lebih baik lakukan edukasi produk terlebih dahulu dan hindari membujuk customer untuk langsung membeli atau menggunakan produk yang ada dengan membuat konten seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Teknik sales funnel ini sangat dibutuhkan di dunia bisnis online sebab biasanya proses berjualan online terjadi lebih panjang daripada berjualan secara tatap muka. Perlu adanya pengenalan atau edukasi produk pada calon konsumen adalah alasan utamanya.
Di sinilah peran penting sales funnel, menggiring calon pembeli atau customer untuk lebih mengenal produk yang ditawarkan hingga nantinya terjadi pembelian. Perlu ketekunan dan kesabaran ekstra memang karena produk yang ditawarkan tidak bisa dilihat langsung oleh customer.
Tugas pemilik bisnis online untuk bisa membangun kepercayaan customer, agar mau membeli produk yang ditawarkan dan bisa menjadi pelanggan tetap serta loyal. Teknik sales funnel ini adalah langkah yang dilakukan di awal saat memulai bisnis terutama bisnis online.
Dengan menerapkan teknik sales funnel ini pada bisnis online tentu akan membuat bisnis tersebut bisa lebih terarah dan bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Pemilik usaha bisa tahu apa saja yang harus dilakukan dan kapan melakukan hal itu dalam waktu yang tepat. Nah, sekian ulasan tentang sales funnel untuk bisnis online kali ini.
Oleh karena itu Admin Mengundang Pembaca semua untuk mensubscribe dan meninggalkan email anda di Kolom kami agar, anda selalu mendapatkan update terbaru mengenai Ilmu ilmu Digital marketing lainnya dan juga ilmu Funneling!
Salam sukses!
(https://digitalinsurancemarketer.id/leads-generation-mastery/terapkan-teknik-sales-funnel-agar-bisnis-online-sukses/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.