Home - My Buku - Kang Sun & Tokoh Dunia - Kang Sun &Tokoh Milyarder - Catatan Kang Sun - Facebook
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


VIDEO KANG SUN - KONSPIRASI - ILUMINATION - GARDA NKRI - SAPA DUNIA -

Jumat, 16 Juli 2010

Mengenal Kekuatan Self Talk

Manfaatkan pengetahuan self talk untuk kehebatan Anda dan pencapaian kemakmuran Anda diluar batas. Anda akan mengetahui apa itu self talk dan seg

era bisa menafaatkannya untuk kedahsayat hidup Anda.

Masih dalam buku yang sama (buku Romy Rafael) saya menemukan pengetahuan penting lainnya, yaitu self talk, yang merupakan bagian dari mengungkap kehebatan bawah sadar.

Kekuatan Self Talk
Self talk atau pikiran bawah sadar Anda adalah kata-kata Anda saat berbicara dengan diri sendiri.

Self talk bisa mengandung arti positif maupun negatif. Hal ini tergantung pada Anda yang mengucapkannya. Self talk positif akan mengarahkan pikiran Anda pada hal-hal positif sesuai dengan apa yang Anda katakan. Begitu juga sebaliknya.

Self talk juga bisa di artikan sebagai emosi atau emotion. Untuk mendefinisikan kata tersebut, saya akan membaginya menjadi dua, yaitu e dan motion yang berarti energi in motion.

Maksudnya, self talk atau pikiran bawah sadar Anda merupakan energi yang mampu menciptakan gerak (motion) dan membawa Anda ke mana pun yang Anda inginkan, baik positif maupun negatif, pikiran Anda memberikannya pada Anda.

Dari penjelasan tersebut, saya memperoleh hukum pertama dari pikiran bawah sadar manusia.

Hukum Pertama dari pikiran bawah sadar :
Apa pun yang Anda pikirkan, tubuh Anda menciptakannya dan memberikan Anda sesuai dengan Apa yang Anda pikirkan.

Contoh dari hukum pertama ini, dapat Anda lihat dari berbagai hal yang dulu tidak pernah terpikirkan (pesawat terbang, hanphone, tetevisi, dll) ternyata sekarang dapat terwujudkan.

Penemuan besar tersebut tercipta karena kekuatan pikiran manusia. Apa yang mereka pikirkan, mereka menciptakan dan memberikan sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Karena pikiran Anda memiliki kekuatan yang luar biasa.

Peperangan pun dapat terjadi karena apa yang dipikirkan pemimpin negeri, monumen perdamaian juga dapat dibangun kerana hasil pikiran seseorang, begitu juga dengan hidup bebas tanpa rokok dapat Anda ciptakan dengan pemikiran Anda.

Agar Apa yang Anda pikirkan dapat terwujud, yang perlu Anda lakukan adalah mengubah self talk Ada.

Hukum pertama dari pikiran bawah sadar di atas juga di dukung oleh siklus di bawah ini.
Self talk Anda menentukan--------tindakan Anda
Tindakan Anda menentukan-----Habits Anda
Habits Anda menentukan---------Realitas Anda
Realitas Anda menentukan--------Belief Anda
Belief Anda menentukan---------Self Talk Anda
Self Talk Anda menentukan---------tindakan Anda--->siklus berlanjut seperti semula.

Siklus tersebut menerangkan bahwa realitas hidup Anda sekarang ditentukan oleh self talk Anda. Artinya, jika sampai saat ini realitas hidup Anda masih berkutat dengan kebiasaan buruk merokok, maka hal pertama yang harus diubah dalam hidup Anda sekarang adalah self talk Anda atau pikiran bawah sadar Anda.

Itulah sebabnya mengapa Anda sampai saat sekarang masih belum berhasil berhenti merokok, karena Anda belum mengubah self talk Anda.

Karena apa yang seharusnya Anda ubah adalah bukan apa yang Anda lakukan, tapi apa yang Anda pikirkan. Oleh karena itu, ubahlah cara Anda berbicara pada diri sendiri atau self talk Anda.

Berikut ini contoh self talk negatif berkaitan dengan terapi berhenti merokok.

"Bagaimana kalau saya tidak dapat berhenti merokok?"
"Ah, percuma berhenti merokok, nanti juga mulai lagi!"
"Berhenti merokok nanti saja kalau sudah tua!"
"Kalau tidak ada rokok, saya tidak bisa berpikir!"
"Kalau berhenti merokok, nanti saya gemuk!"

Setelah mengetahui self talk negatif Anda di atas, sekarang coba inventaris self talk negatif yang ada pada diri Anda.

Cara Mengubah self Talk
Self talk yang Anda ucapkan memiliki efek yang sangat besar dalam hidup Anda. Apabila Anda sudah menyadari hal itu, seharusnya Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan adalah sesegera mungkin merubah self talk negatif menjadi self talk positif Anda.

Contoh sself talk di bawah ini.

"Saya akan berhenti merokok"
Secara sepintas self talk di atas sudah menunjukkan self talk positif dan memiliki meyakinan kuat. Tetapi sebenarnya ini salah karena setiap self talk yang mengandung kata"... akan..." mempunyai arti belum terjadi atau belum terlaksana.

Oleh karena itu self talk di atas adalah self talk negatif dan tidak kuat.

Untuk menciptakan self talk yang kuat dan postitif, ada beberapa peraturan yang harus di ikuti. Saat Anda berbicara pada diri sendiri, Anda harus memerhatikan makna dan dampak dari self talk yang Anda ucapkan. Oleh karena itu, ada beberapa peraturan dalam menyusun self talk.

  • Self talk harus berorientasi pada masa depan
  • Self talk harus mendukung Anda sepenuhnya dan bukan menjatuhkan
  • Self talk harus dengan bentuk kata kerja dan kata sifat yang positif
Mengapa self talk harus berorientasi kepada masa depan Anda? Karena self talk bertujuan untuk membuat Anda maju ke masa depan. Juga, agar Anda lebih fokus pada hasil, bukan pada hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Mengapa self talk harus mendukung Anda dan bukan menjatuhkan Anda?
Karena Anda mempunyai 2 pilihan dalam hidup Anda, menjadi musuh terbesar Anda sendiri yaitu dengan terus menerus mengucapkan self talk negatif, atau menjadi teman terbaik Anda yaitu dengan mengucapkan self talk positif.

Hal ini jelas karena Anda menginginkan hasil terbaik, maka hal yang mendukung keinginan Anda lah yang harus dipilih.

Kemudian mengapa harus dalam bentuk kata kerja dan kata sifat yang positif?
Ini disebabkan apa pun kata kerja dan kata sifat positif yang Anda pilih, pikiran bawah sadar Anda akan secara otomatis mengikutinya.

Selain aturan di atas, untuk mengubah self talk negatif menjadi positif, ada beberapa kata yang tidak boleh dipergunakan dalam self talk Anda. Kata-kata tersebut yaitu :

"Tidak, jangan, akan, mencoba, mungkin, stres, gagal, marah dan kata-kata negatif lainnya."

Mengapa kata tidak dan jangan harus Anda hindarkan karena kedua kata itu akan hilang dipikiran bawah sadar Anda.

Contoh :
"Anda tidak boleh membayangkan kucing berwarna hitam"
"Sekali lagi, jangan bayangkan kucing hitam tersebut"

Dari self talk di atas, apa yang terjadi pada dua kalimat tersebut?Pikiran Anda hanya memunculkan kalimat kucing hitam tersebut.

Mulai hari ini dan seterusnya berhati-hatilah dengan pikiran Anda, berhati-hatilah dengan kata-kata yang Anda ucapkan saat berbicara dengan diri sendiri, karena apapun yang Anda ucapkan dapat menjadi kenyataan.

Mulai hari ini dan seterusnya, dengarkan self talk Anda, perhatikan kata-kata yang Anda ucapkan saat Anda berbicara pada diri sendiri, dengarkan suara-suara yang ada dalam pikiran Anda, karena cara pertama untuk mengontrol pikiran Anda adalah dengan mengontrol self talk Anda.

Setelah itu, Anda perhatikan mana yang negatif atau merugikan Anda, lalu Anda tulis self talk negatif tersebut. Kemudian Anda bisa melihat betapa banyaknya self negatif Anda.

Ini adalah salah satu alasan mengapa saya ingin Anda menuliskannya di atas kertas, agar Anda dapat melihatnya dengan jelas.

Karena setelah Anda mampu elihatnya dengan jelas, langkah berikutnya, adalah mengganti self talk negatif tersebut menjadi self talk yang kuat dan positif.

  1. Berikut urutan Cara mengontrol pikiran Anda.
  2. Dengarkan Self Talk Anda
  3. Tuliskan Self Talk mana yang negatif
  4. Ubah menjadi self talk positif
  5. Lalu secara sadar memilih self talk Anda yang berkaitan dengan berhenti merokok (tujuan anda). Ingat! Ingat Anda mempunyai dua pilihan, Anda dapat menjadi teman terbaik Anda atau musuh terbesar Anda. Pilihannya ada ditangan Anda.
Contoh mengubah self talk negatif menjadi self talk positif.
"bagaimana kalau saya tidak dapat berhenti merokok"
menjadi
"Bagaimana caranya agat saya bebas dari rokok untuk selamanya"

"Berhenti merokok nanti saja kalau sudah tua"
Menjadi
"berhenti merokok sekarang saja mumpung belum tua"

Keharmonisan antara pemikiran dan self talk Anda menjadi penting di samping rasa percaya sepenuhnya bahwa Anda layak mendapatkan sesuatu yang terbaik. Karena Anda tidak mungkin berhasil di dalam apa pun juga jika Anda sendiri tidak percaya bahwa Anda layak mendapatkannya.

.......................(lanjtutkan ke hal 50-)dst

Hukum kedua dari pikiran bawah sadar.
Pikiran bawah sadar kita tidak dapat membedakan antara realitas dan imajinasi.

Hukum ketiga dari pikiran bawah sadar.
Sesuatu yang diulang dengan emosi dan inensitas yang cukup lama menjadi bagian dari pikiran dan diri kita.

1 komentar:

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.