Sabtu, 04 Juli 2020

TERNYATA SATU ARAH INI SETAN TAK BISA GANGGU MANUSIA

SETAN merupakan makhluk ciptaan Allah yang selalu menggoda manusia agar berbuat dosa. Setan telah berjanji untuk terus menyesatkan manusia dengan berbagai cara agar berpaling dari Allah SWT sehingga menjadi teman mereka di neraka kelak.

Setan akan menggoda manusia dari berbagai arah tetapi hanya ada satu arah yang tidak dapat ditembus oleh setan. Arah manakah itu?

Seperti dilansir dari kabarmakkah, di dalam Al Quran surat Al Arof telah dituliskan, setan akan terus menyesatkan dan menggoda manusia agar berpaling dari Allah dan banyak melakukan dosa, selain itu mereka juga akan selalu menghalangi manusia untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Setan tidak akan henti-hentinya menggoda manusia dari berbagai arah seperti depan, belakang, kanan dan kiri. Dari semua arah tersebut, manusia pun begitu mudah tergelincir dalam dosa dan maksiat. 

Karenanya manusia harus selalu waspada dan berlindung kepada Allah agar terlindungi dari godaan setan terhadap manusia yang sangat menyesatkan.

Adapun maksud dari arah-arah tersebut, Syaikh Ibnu Muflih menjelaskan bahwa arah depan yang dimaksud adalah akhirat. Setan akan membisikkan bahwa gambaran akhirat yang terdapat dalam Al Quran hanyalah rekayasa dan tidak benar.

Selain itu setan akan membisikkan bahwa segala apa yang terjadi di akhirat seperti hisab, surga dan neraka adalah hal yang dibuat-buat agar manusia takut untuk melakukan maksiat. Manusia pun menjadi ragu dengan kehidupan akhirat.

Selain itu setan akan membisikkan bahwa segala apa yang terjadi di akhirat seperti hisab, surga dan neraka adalah hal yang dibuat-buat agar manusia takut untuk melakukan maksiat. Manusia pun menjadi ragu dengan kehidupan akhirat.

Setan juga akan menggoda manusia dari arah belakang yang artinya adalah setan akan membuat manusia menjadi khawatir akan masalah duniawi sehingga mereka akan mendustakan akan semua kebesaran Allah SWT.

Manusia yang terbujuk dengan bisikan setan ini maka akan mengutamakan kehidupan duniawi dan mengesampingkan keimanannya kepada Allah SWT bahkan jika hal ini terus berlanjut maka mereka dapat berpaling dan tidak meyakini akan adanya Allah SWT.

Manusia akan berpikir bahwa mereka akan memiliki kehidupan abadi di dunia sehingga mereka menimbun banyak harta dengan cara apapun.

Mereka yang terbujuk dalam bisikan setan ini pun akan lebih mengutamakan kepentingan dunia dibandingkan mempertahankan keimanannya.

Mereka pun akan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya lantaran merasa kehidupan dunia akan abadi.

Selain kedua arah itu, godaan syetan juga dari arah kiri dan kanan.

Adapun godaan dari sebelah kiri mengandung arti bahwa setan berusaha mengajak manusia untuk melakukan dosa dan maksiat secara terus menerus dan membuatnya tanpa rasa bersalah serta sulit untuk ditinggalkan.

Sementara itu bisikan dari arah kanan membuat kebenaran terasa kabur dan manusia memandang kebenaran tersebut samar-samar.

Menurut Imam Qatadah setan tidak mampu menggoda manusia dari arah atas karena arah ini merupakan rahmad dari Allah SWT dan setan tidak bisa menggangu dari atas karena Allah SWT berada di atas semua makhluk ciptaan-Nya.
(Sumber : bangka.tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.