Sabtu, 23 Desember 2017

Inilah 59 Fakta Guatemala

1. Penduduk pertama Guatemala sudah ada sejak tahun 18000 SM, dengan bukti batu runcing Obsidian.
2. Sebagai negara dengan situs peradaban suku Maya-nya, Guatemala ditaklukkan oleh penakluk Spanyol, Pedro de Alvarado pada tahun 1524 dan menjadi republik pada tahun 1839 setelah Uni Provinsi Amerika Tengah bubar. Dari tahun 1898 sampai 1920, diktator Manuel Estrada Cabera berkuasa di Guatemala, dan dari tahun 1931 sampai 1944, Jenderal Jorge Ubico Castaneda berkuasa.
semestafakta-guatemala ma
3. Era sebelum penaklukan oleh Spanyol, suku Maya kaya akan literatur tulisan, yang hampir semuanya dihancurkan oleh Spanyol, kecuali sedikit manuskrip. Dari sedikit peninggalan manuskri, suku banyak diketahui mempunyai banyak mitologi. Layaknya bibel Kristen, buku atau kitab suci Maya adalah Popol Vuh, yang ditulis dengan bahasa Latin Quiche, yang menceritakan tentang asal-usul dunia, asal-usul kebaikan dan kejahatan, dan menerangkan prinsip-prinsip moralitas.
semestafakta-Popol Vuhsemestafakta-Popol Vuh2semestafakta-Popol Vuh3
4. Sejarah Guatemala penuh dengan kekerasan. Selama 36 tahun, Guatemala dilanda perang sipil yang mereggut lebih dari 200.000 nyawa. Perang mengakibatkan pembunuhan massal dan jutaan orang mengungsi dari Guatemala. Perang sipil Guatemala berakhir pada Desember 1996, tetapi traumanya masih tersisa.
5. Hampir 59% penduduk Guatemala terdiri dari kelompok yang dinamakan Ladino yang dikenal juga dengan Mestizo. Ladino adalah campuran dari Indian Amerika dan Spanyol. Mereka itu sangat putih seperti orang-orang keturunan Spanyol, Italia, Jerman, Inggris, dan Skandinavia. Di sana juga ada penduduk pribumi seperti Garifuna, yaitu keturunan Afrika Hitam.
6. Kebudayaan suku Maya kaya dengan penghitungan matematika dan mereka yang menemukan angka Nol pertama kali.
7. Menurut legendanya, bayi dari suku Maya lahir tidak menangis, karena mereka semua terlahir sebagai pejuang.
8. Penduduk lokal mempunyai patung yang mereka sembah yang dinamakan dengan Mashimom. Penduduk lokal memberinya rokok dan minuman keras agar dia memberi keselamatan.
9. Meski ukuran wilayahnya kecil (hanya 108889 km persegi), namun Guatemala memiliki lebih dari 29 gunung berapi.
10 Lagu kebangsaan Guatemala ditulis oleh orang Kuba, José Joaquín Palma, melalui kontes atau lomba penulisan lirik untuk lagu nasional Guatemala.
semestafakta-Gen. Jorge Ubico Castaneda
11. Tanggal 15 September adalah hari kemerdekaan Guatemala, yang merdeka dari Spanyol pada tahun 1821.
12. Warna biru pada bendera Guatemala melambangkan Samudera Pasifik. Corak biru pada bendera Guatemala selalu berganti bersamaan dengan bergantinya presiden dengan alasan yang tidak jelas.
13. Nama Guatemala dalam bahasa Maya-Toltek berarti ‘Daratan dengan banyak Pohon’. Banyak orang percaya bahwa nama Guatemala berasal dari istilah Guhatezmlh, yang artinya ‘Gunung yang memuntahkan air’
14. Guatemala de la Asuncíón dikenal sebagai Guatemala City yang menjadi ibu kota Guatemala dan kota terbesar di Guatemala. Bahasa resmi Guatemala adalah seperti kebanyakan bahasa negara-negara di Amerika Tengah, yaitu bahasa Spanyol. Ibu kota kuno Guatemala adalah Antigua yang hancur karena gema bumi ada abad ke-18.
15. Kota kuno di Guatemala yang paling menarik dan sulit dijangkau adalah El Mirador, yang terletak di erbatasan dengan Mexico. Kota kuno ini hamir tertutu oleh rimbunnya hutan.
semestafakta-el miradorsemestafakta-el mirador2semestafakta-el mirador3
16. Di Guatemala ada sekitar 21 variasi bahasa asli suku Maya yang masih digunakan samai sekarang.
17. Quetzal adalah mata uang Guatemala dan juga menjadi burung nasional Guatemala, yaitu burung yang sudah jarang ditemukan. Bulu ekor burung ini digunakan sebagai bentuk mata uang kuno pada zaman Kekaisaran Maya. Orang Maya percaya bahwa burung Quetzal adalah penjelmaan dewa Quetzalcoatl.
semestafakta-Quetzal2semestafakta-Quetzal3
18. Marimba adalah alat musik tradisional Guatemala.
semestafakta-marimbasemestafakta-marimba2
19. Huipil (wee-peel) adalah blus yang biasa dipakai oleh wanita suku Maya.
semestafakta-Huipil 2semestafakta-Huipil
20. Poinsettias adalah tanaman kebun yang banyak dijumpai di Guatemala.
semestafakta-Poinsettias 2semestafakta-Poinsettias
21. Guatemala mempunyai konsentrasi ozon tertinggi kedua di dunia, menurut The Economist World pada tahun 2007.
22. Guatemala memproduksi banyak batu permata dibandingkan negara manapun di dunia, dan hasilnya bisa dilihat di National Museum of Archeology and Ethnology di ibu kota Kota Guatemala.
23. Guatemala adalah produsen logam antimony terbesar ketiga di dunia, setelah Bolivia dan Mexico.
24. Suku Maya menggunakan batu permata sebagai simbol keselamatan dan kesehatan. Istilah Jade (permata) diciptakan oleh penakluk Spanyol ketika mereka mempelajari penduduk pribumi di Mesoamerika yang menggunakan permata untuk mengobati penyakit ginjal. Mereka penyebutnya “piedra de ijada” atau “batu daging pinggang” dan akhirnya terkenal dengan nama “Jade”
semestafakta-jadesemestafakta-jade2semestafakta-jade3
25. Guatemala adalah pengekspor pisang terbesar kelima di dunia. Guatemala menghasilkan 4.380.000 pisang pada tahun 2013.
semestafakta-guatemala banana
26. Makanan Happy Meal diciptakan oleh orang Guatemala pada tahun 1970-an. Dialah seorang ibu rumah tangga muda dengan kecerdasannya berhasil memiliki franchise di Guatemala, Yolanda Fernandez de Cofiño, yang ide awalnya adalah menciptakan makanan untuk ukuran anak kecil. Dia mendapatkan pengakuan sebagai “Leading Women Entrepreneurs of the World” di Paris, Perancis. Sekarang, Happy Meal menjadi bagian dari menu McDonalds di lebih dari 35.000 restoran dan menjual sekitar 100 juta Happy Meal setiap minggunya.
semestafakta-Happy Meal
27. Kota Antigua, Guatemala, adalah penusplai kopi untuk Starbucks.
28. Tingkat baca orang dewasa mencapai 76% (kaum wanita kurang dibandingkan laki-laki). Sekitar 60% penduduk tidak tahu bagaimana cara membaca dan menulis.
29. Atitlán (dalam bahas Aztek ‘berarti di air’) adalah danau di dataran tinggi Guatemala utara. Danau ini adalah yang terdalam di Amerika Tengah dan dianggap sebagai “danau yang paling indah di dunia”, oleh beberapa peneliti atau penjelajah seperti Aldous Huxley. Atitlán juga dikelilingi oleh 3 gunung berapi.
semestafakta-Atitlán
30. Gunung berapi Tajumulco tingginya 4220 (13845 kaki) adalah puncak tertinggi di Guatemala.
semestafakta-Tajumulcosemestafakta-Tajumulco2
31. Terletak di Antigua, Gunung berapi Volcán Pacaya terakhir meletus ada 27 Mei 2010.
semestafakta-Volcán Pacayasemestafakta-Volcán Pacaya2semestafakta-Volcán Pacaya3semestafakta-Volcán Pacaya4
32. Air segar Rio Dulse (Sungai Manis) mengalir dari Danau Izabal menuju ke Samudera Atlantik. Sungai ini adalah tempat tujuan wisata untuk menyusuri sungai dengan perahu. Atraksi menarik di dekat Río Dulce adalah Castillo de San Felipe, air terjun hangat Finca Paraíso, Biotopo Chocón Machacas, dan peninggalan Quiriguá.
semestafakta-Río Dulce 2semestafakta-Río Dulce
33. Tikal dikenal sebagai kota terbesar Periode Maya Klasik yang mempunyai nama asli “Lugar de Las Voces” (tempat suara)
34. Taman Nasional Tikal adalah situs UNESCO World Heritage pertama di dunia pada tahun 1979. Taman ini terletak bersama dengan puing-puing peninggalan suku Maya di Tikal, yang di dalamnya terdapat binatang khas Guatemala, seperti kera Howler.
semestafakta-Tikal National Parksemestafakta-Tikal National Park2
35. Di dalam Cagar Biosfer Maya terdapat 5 taman nasional, yaitu Sierra del Lacandon, Yaxha, Tikal, Laguna del Tigre dan Mirador-Rio Azul, yang masing-masing penuh dengan buaya, kera, burung-burung tropis dan lainnya. Di sana juga terdapat Taman Nasional Gua Lanquin (dengan air terjun Semuc Champey yang menakjubkan)
semestafakta-Sierra del Lacandonsemestafakta-Sierra del Lacandon2semestafakta-Yaxhasemestafakta-lanquinsemestafakta-Semuc Champey Falls
36. Kuil bangsa Maya di Tikal telah dibangun sejak 1300 tahun yang lalu sebagai bangunan untuk menghormati penguasa Maya, Ah Cacaw. Tikal pernah menjadi kota maju dan berpenduduk 100.000 jiwa, tetapi kemudian jatuh pada tahun 850. Puing-puingnya baru ditemukan pada tahun 1695.
37. Film Star Wars, “A New Hope” diambil di Guatemala, di Taman Nasional Tikal.
semestafakta-Star Wars, new hoe
38. Chichi atau Chichicastenango adalah tujuan tempat belanja nomor 1 di Guatemala, yang berada antara 2 dan 3 jam erjalanan di sebelah barat daya Guatemala City. Chichicastenango dianggap sebagai pasar lokal yang paling hidup di Amerika Tengah. Di sana kita bisa menemukan benda-benda seperti kain tenun lokal, barang tembikar, ukiran kayu atau lainnya.
semestafakta-Chichi or Chichicastenangosemestafakta-Chichi or Chichicastenango2
39. Monterrico adalah barisan pantai Guatemala dengan pasir hitamnya yang indah.
semestafakta-Monterrico 2semestafakta-Monterrico
40. Makanan nasional Guatemala adalah Pepian, yang terbuat dari biji labu.
semestafakta-pepian
41. Makanan tradisional khas Guatemala yang lezat adalah “Fiambre”, yang dimakan setiap tahunnya untuk memperingati “Hari Kematian” atau Día de los Muertos dan juga untuk memperingati “semua Hari Orang Suci” atau Día de Todos los Santos. Makanan ini berupa salad yang terbuat dari 50 bahan makanan lebih.
semestafakta-Fiambresemestafakta-Fiambre2semestafakta-all saint day2semestafakta-all saint day3semestafakta-Day of the Dead
SAMSUNG DIGITAL CAMERA
SAMSUNG DIGITAL CAMERA
semestafakta-Day of the Dead4
42. Masakan dan makanan Guatemala adalah berbahan dasar sekitar tamale, lombok, jagung, dan buncis. Guatemala mempunyai banyak buah-buahan khas, seperti caimito, mamey, zapate dan jocote.
semestafakta-caimitosemestafakta-mameysemestafakta-zapate
43. Masakan populer di Guatemala adalah Tamales dengan ratusan jenisnya yang berbeda-beda, dan salah satu jenis yang terkenal adalah Colorados, Negros, Tamales de Elote, Chuchitos, Tamalitos de Masa, Paches, dan lainnya.
semestafakta-Negrossemestafakta-tamale
44. Kain Denim untuk celana jeans dibuat di Guatemala.
semestafakta-denim
45. Kopi instan ditemukan oleh orang Guatemala.
46. Toko obat-obatan di Guatemala dinamakan Farmacias (bahasa Spanyol).
semestafakta-Farmacias 2semestafakta-Farmacias
47. Cokelat batangan pertama dibuat oleh suku Maya di Guatemala.
48. Contoh ucapan-ucapan yang digunakan di Guatemala adalah Hola (Hello); Por Favor (Silakan); Gracias (terima kasih); Adiós (selamat tinggal); Si (ya); dan No (tidak)
49. Miguel Ángel Asturias adalah satu-satunya orang Guatemala yang meraih Nobel. Dia memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang literatur pada tahun 1967.
semestafakta-Miguel Ángel Asturiassemestafakta-Miguel Ángel Asturias2
50. Gizi buruk adalah problem yang umum di Guatemala dan banyak keluarga yang tidak bisa mendaatkan makanan yang berkualitas. Hampir 50% dari seluruh anak di Guatemala menderita kerdil karena mereka tidak bisa memperoleh gizi yang seimbang.
51. Pendidikan umum tidak gratis di Guatemala dan banyak keluarga tidak bisa memasukkan anaknya ke sekolah. Akibatnya, hanya ada 1 dari 10 anak di Guatemala yang bisa merasakan pendidikan SMA.
52. 30% anak-anak di Guatemala menikah sebelum usia 18 tahun.
53. Guatemala mempunyai tingkat adopsi per kapita tertinggi di dunia dengan hampir 5000 bayi diadopsi dari Guatemala dari 13 juta penduduk pada tahun terakhir. Sekitar 95% dari bayi diadopsi ke Amerika dengan lebih dari 25.000 anak Guatemala ditempatkan di rumah-rumah Amerika sejak tahun 1990.
54. Di Guatemala banyak gang pemuda jalanan bertato yang terkenal dengan “maras”. Anggota gang bertanggungjawab atas ribuan pembunuhan brutal, pemenggalan kepala, pencungkilan mata atas anggota gang lawannya. Maras tumbuh dari kelompok Hispanik di Los Angeles dan menyebar ke Amerika Tengah pada tahun 1990-an ketika Amerika mulai mendeportasi imigran ilegal yang telah melakukan tindak kriminal.
semestafakta-marassemestafakta-maras2
55. Guatemala mempunyai rute utama untuk kartel obat-obatan terlarang dari Kolombia melewati Amerika Tengah dan Mexico ke Amerika.
56. Di sekitar Guatemala City, di “Zona 7” terdapat peninggalan Kaminal Juyu (Bukit Kematian) yang luas, yaitu salah satu perkampungan yang paling penting pada “periode klasik” dari peradaban suku Maya.
semestafakta-kaminaljuyusemestafakta-kaminaljuyu2semestafakta-kaminaljuyu3semestafakta-kaminaljuyu4
57. Untuk pertama kali selama lebih 25 tahun, tentara Amerika dididik dari sekolah operasi khusus Kaibil School Guatemala, di Poptún, Guatemala.
semestafakta-Kaibil School
semestafakta-Kaibil School3semestafakta-Kaibil School5
58. Peten dianggap sebagai hutan tropis terbesar kedua di dunia dan sebagai paru-paru dunia kedua.
59. Alat transportasi bus yang paling murah di Guatemala dinamakan “Camionetas”, yaitu bus sekolah yang berwarna-warni. Angkutan bus yang lebih baik lagi dikenal dengan “Pullmans”.
semestafakta-Camionetassemestafakta-Camionetas2
(https://semestafakta.wordpress.com/2015/11/22/59-fakta-menarik-tentang-guatemala/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.