Home - My Buku - Kang Sun & Tokoh Dunia - Kang Sun &Tokoh Milyarder - Catatan Kang Sun - Facebook
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


VIDEO KANG SUN - KONSPIRASI - ILUMINATION - GARDA NKRI - SAPA DUNIA -

Rabu, 25 Juli 2012

Nusantara Alami 3 Kali Bersatu

Menengok sejarah masa silam Tanah air yang kita cintai ini bernama Indonesia pernah mengalami 3 kali bersatu. Periode mana saja yang dimaksud tersebut.
 
Persatuan pertaman Jaman Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan Sriwijaya yang berkuasa pada abad 6-7 M di mana waktu itu rakyat di kawasan Nusantara bersatu di bawah kepemimpinannya. Kerajaan ini memiliki pusat kekuasaan di Sumatera Selatan dekat Kota Palembang sekarang.

Pengaruh Sriwijaya sampai kawasan yang sekarang di sebut Malaysia, Thailand, dan Philipina.

Waktu itu kerajaan Sriwijaya begitu dihormati dunia sebagai kerajaan besar, menjadi pusat agama Budha di Asia Tenggara, pusat ilmu pengetahuan dan pusat perdagangan.

Memasuki usia ke-70 tahun kerajaan itu mulai buyar dan muncul banyak kerajaan kecil yang mandiri berdaulat. Alhasil, di awal abad ke-9 nama Kerajaan Sriwijaya hanya tinggal sejarah.

Persatuan Kedua Jaman Kerajaan Majapahit
Tujuh abad kemudian (abad 13-14 M) lahir Kerajaan Majapahit di Trowulan, Jawa Timur sekarang.

Saat Hayam Wuruk menjadi raja, ia memiliki Mahapatih bernama Ghajah Mada yang bersumpah untuk menyatukan seluruh penduduk Nusantara dalam satu bendera negara Majapahit. Sumpah legendaris itu dikenal dengan nama " Sumpah Palapa".

Kerajaan besar itu berhasil menyatukan kembali penduduk Nusantara.


Sumpah Palapa merupakan spirit, sebuah tekad yang sangat kuat menyatukan penduduk yang mendiami kepulauan Nusantara. Dari pulau Andalas (Sumatera) di Barat sampai tanah Papua di ujung Timur. Rakyat di seluruh kawasan Nusantara berada dalam satu wilayah imperium Majapahit.

Pengaruh Majapahit waktu itu bukan seukuran Republik Indonesia sekarang melainkan jauh lebih luas lagi, sampai semenanjung Malaya, Philipina, Thailand, hingga Srilanka bahkan masuk ke Madagaskar di pantai Timur Afrika.


Namun, kerajaan ini pun bernasib sama dengan Sriwijaya. Memasuki usia ke-70 pengaruhnya mulai hilang dan bermunculanlah kerajaan-kerajaan kecil di Nusantara. Nama Majapahit pun hilang ditelan bumi.

Persatuan Ketiga Jaman Republik Indonesia
Persatuan ketiga ini terjadi pada abad ke 20-21 dengan nama Republik Indonesia. Melalui deklarasi 28 Oktober 1928 di jl. Kramat Raya-Jakarta Pusat, dikenal dengan nama "Sumpah Pemuda".

Para pemuda berikrar:"Berbangsa satu bangsa Indonesia, Berbahasa satu bahasa Indonesia, Bertanah Air satu tanah air Indonesia".

Perjuangan panjang para pemuda indonesia mengintegrasikan tanah Nusantara menjadi satu bangsa yang merdeka dan berdaulat, diwujudkan melalui pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945 di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. (Sumber: Djuyoto Suntani, Tahun 2015 Indonesia"Pecah."

Semoga artikel ini menambah wawasan. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.