Jumat, 27 Maret 2009

Beraktifitas Menjadikan badan Lebih Sehat dan Umur lenih Panjang

Sebuah percobaan dilakukan di sebuah rumah jompo diConnecticut, USA dimana para penghuni yang sudah tua tersebut masing-masing diberikan pilihan untuk bertanggung jawab pada tugas-tugas yang harus dikerjakan dan mereka diminta untuk membuat beberapa keputusan kecil mengenai tugas rutin sehari-hari.

Satu setengah tahun kemudian, orang-orang ini terlihat lebih riang, aktif dan lebih tajam pikirannya dibandingkan dengan kelompok lain di tempat yang sama yang tidak diberikan pilihan-pilihan dan tanggung jawab. Jumlah mereka yang masih hidup di kelompok itu lebih banyak dua kali lipat dibanding dengan kelompok lain yang tidak aktif.

Penelitian lain membuktikan bahwa orang-orang yang melakukan tugas-tugas sukarela paling sedikit satu minggu sekali, lebih panjang hidupnya dibanding mereka yang tidak melakukannya. Perbandingannya dua setengah banding satu. Ini menunjukkan bahwa selakukan sesuatu (berjuang) untuk orang lain memberikan manfaat yang luar biasa pada kesehatan dan umur panjang. (2. Billi : 71)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda dan Berbagilah Di Sini.